Dapat hadiah dari luar negeri apakah kena pajak?

Dalam membahas soal kiriman paket dari luar negeri saya sering mendapatkan pertanyaan soal hadiah atau barang yang tidak beli. Biasanya dari teman atau saudara yang sedang merantau, atau malah kenalan baru dari Inggris.

Jadi karena ini jelas kita ga belanja, cuma barang gratis. Asumsinya tinggal nunggu saja kan? Secara garis besar betul, tapi pengiriman internasional itu selain waktunya relatif lebih lama juga ada tahap tambahannya. Minimal satu di pemeriksaan bea cukai.

Pada proses bea cukai ini akan dicek apa isi paketnya sesuai label/deklarasi yang tercantum. Kemudian akan ditentukan bea masuk atau pajaknya berapa.

Jadi kena pajak tidak hadiah dari luar negeri? Jawabannya adalah iya, karena semua barang masuk tidak dibedakan ini hasil belanja atau hadiah. Semuanya termasuk dalam rangka impor.

Berapa biaya pajak bea cukai? Ini bisa dicek sendiri sebenarnya. Setiap paket dari luar negeri seperti kiriman dalam negeri akan ada nama ekspedisi dan nomor resinya. Bermodalkan nomor resi ini kita bisa cek layanan pemeriksaan barang bea cukai secara mandiri.

bea cukai pajak paket

 

Akan ada informasi sudah pada tahap apa prosesnya juga detail-detail seperti berapa nominal yang nanti akan ditagihkan ke penerima. Tidak ada jebakan jadinya.

Spesifiknya ada di Bea Masuk, Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan Barang Mewah, dan Bea MasukĀ  Tindak Pengamanan. Nanti akan ditotal jadi satu.

Terakhir, saya ingin mengingatkan bahwa ada modus penipuan mengatasnamakan pembayaran pajak untuk hadiah dari luar negeri. Harap waspada.

Tinggalkan komentar