Pengalaman apply kartu kredit BCA

Aslinya apply kartu kredit di semua bank hampir sama syaratnya dan kalau punya tabungan di bank tersebut akan lebih mudah pengajuannya. Kali ini saya mau share pengalaman apply kartu kredit di BCA karena di Bank Mandiri syaratnya sungguh ketat sekali. Dan karena saya nasabah lama juga di bank ini, jadi kenapa tidak dimanfaatkan juga fasilitas yang ada asalkan bermanfaat. 🙂

Untuk pengajuan aplikasi kartu kredit sendiri harus datang ke kantor cabangnya dan ketemu customer servicenya, atau bisa dibantu oleh marketingnya kalau ada yang standby di pintu masuk. Dari sana akan diberitahu apa saja yang dibutuhkan, secara keseluruhan bukanlah hal yang sulit dan akan lebih baik kalau disiapkan dulu supaya lebih cepat prosesnya.

Apa saja syaratnya kartu kredit BCA?

  1. Buku tabungan BCA.
  2. KTP pemohon.
  3. NPWP. Tapi katanya masih opsional, apabila diikutkan akan menambah besar kemungkinan permohonan diterima.
  4. Saldo rata – rata minimal Rp. 3.000.000. Pastikan cukup dulu ya.
  5. Mengisi formulir yang disediakan. Saya dibantu mengisi formulirnya oleh si cs, jadi cuma tanda tangan saja. Mungkin karena ada komisinya kalau berhasil. 😛

Yang diminta versi fotocopynya, tapi nanti akan dibantu oleh customer servicenya. Mesinnya ada di setiap cabang kok. 🙂

Dalam pengisian formulir ada beberapa hal spesifik yang nanti berpengaruh pada pengajuan credit cardnya.

  • Pertama adalah soal penghasilan, memang tidak diminta slip gaji kalau misal anda freelance tapi disarankan sebesar mungkin asal masih masuk akal. Berpengaruh ke limit kartu kreditnya juga nanti.
  • Kemudian ada asuransi kesehatan, saya baca potongannya sebesar 0.4% dari tagihannya. Kalau anda sudah punya asuransi kesehatan atau ragu dengan kualitasnya ya sebaiknya tolak saja. Saya belum tahu rekanan BCA untuk asuransinya pakai perusahaan apa.
  • Apakah nomor handphone anda bisa dibagikan ke marketing BCA dan mitra mereka. Intinya sewaktu – waktu kita bisa ditelpon dan ditawari produk baru atau upgrade produk lama. Kalau anda tidak ingin identitas anda dimanfaatkan dan diikutkan promosi saat itu bisa dicegah sekarang.
  • Nomor telepon saudara bukan serumah yang bisa dihubungi. Ini digunakan untuk verifikasi identitas dan apakah klaim anda benar yang ada dalam formulirnya. Ini hal yang sepele, tapi kalau jawaban saudara anda tidak akurat bisa batal prosesnya. Saya sarankan kontak dulu saudaranya dan bilang akan ada survey dari BCA dalam 2 minggu sejak apply.

Langkah selanjutnya tinggal pilih kartu kreditnya. Ada 2 yang didapatkan. Yang pasti wajib BCA Everyday card dan satunya memilih antara VISA atau Mastercard. Kalau ini si mbak cs tidak bisa menjelaskan apa bedanya secara spesifik, katanya sih VISA cocok kalau sering keluar negeri wilayah Asia dan Mastercard ke Eropa. Entah apa maksudnya. Dan ada biaya per tahunnya sebesar Rp. 120.000.

Sisanya tinggal menunggu saja, katanya sih dalam 2 minggu akan ada konfirmasi apakah permohonan kartu kreditnya diterima atau ditolak.

6 pemikiran pada “Pengalaman apply kartu kredit BCA”

  1. Walah baru tau ga wajib slip gaji, apa karena nasabah BCA ya mas?
    kira2 kalau yang kerja online misal jualan online bisa ngajuin ga yah
    Ada tetangga saya, dulu dia kerja & udah punya CC bank mega
    tapi sekarang udah resign & jualan online aja, untuk penghasilan si lebih dari cukup kayanya kalau ga salah dia dapet minimal 1 bulan 10jutaan bersih
    Kemaren tanya2 mau bikin CC lain tapi mentok karena ga punya pekerjaan tetap 🙁

    Kalau di BCA kira2 bisa ga ya mas, oh iya pendapatan dia selama ini masuknya ke bank Mandiri

    • Betul mas Bimo, saya memang nasabah BCA dan setahu saya wajib buku tabungan. Tapi memang di Bank Mega atau ANZ misalnya tidak perlu buka rekening tabungan untuk apply kartu kreditnya.

      Saldonya dipindah ke BCA sementara waktu saja mas, 1-2 bulan sudah cukup kok.

  2. Daftar Tanggal 10 Maret kemarin karena terpaksa butuh banget buat sewa hosting di Linode, secara kalau pakai Paypal, tetap awal daftar harus masukan CC.

    Dan berdasar saran om Chandra saya mau migrasi ke VPS, karena di shared hosting Hawkhost CPU dan memory sudah mentok di 100% dan load speed 20s, ampun dah… Buka admin panel aja langsung error… hahaha
    Antara Linode dan Vultr saya pilih Linode karena EV SSL, keren aja gitu jadi lebih percaya… hahaha
    Thanks sarannya om, tadinya mau di DigitalOcean tapi ternyata di Linode dapat spec 2x lipat.

    Saya daftar kartu kredit BCA via online tanggal 10 Maret, baru dapat konfirmasi diterima tanggal 8 Mei, lama banget tapi puas.

    Sekedar share siapa tahu visitor freelancer yang minder, jangan takut, langsung coba dulu, saya freelancer graphic designer, ternyata kata marketingnya NPWP sebenarnya tidak usah, dan dia hanya minta fotocopy KTP doang, ngga usah slip gaji, SIUP, rekening koran, dll.

    Jadi sepertinya kalau bilang freelancer lebih mudah dibanding bilang pegawai atau wirausaha. Dan bilang dari awal kalau freelancer online (jangan offline), kalau offline nanti takutnya ditanya macem2, kalau online kan ngga mungkin dia contact klien gw yang bule.

    Saya belum punya CC, dan bulan februari kemarin invoice telat jadi jelek banget pemasukan, sepertinya bank lihat total pemasukan per tahun deh, saya nasabah BCA sudah hampir 10th, BI checking clean, semua transaksi pembelian mulai dari sembako sampai gadget via debit, jadi mereka gampang nge-trace sepertinya. BCA sepertinya paling gampang, karena coba tanya2 bank lain slip gaji itu wajib.

    Analis telepon hanya nanya pekerjaan? (Saya jawab: Freelance), nama bisnis? (Bla.bla.bla) punya pegawai? (Tidak), tempat usaha? (Dirumah), penghasilan? (Tidak tentu), sudah punya CC lain?
    (Tidak), mau auto debit atau tidak? (Terserah).

    Simple cuma lama nunggu keputusannya doang.

    Thanks 🙂

    • Marketing/customer servicenya juga dapat komisi mas. Jadi motivasi ngegolkan pengajuannya.

      Untuk apply CC, sementara yang paling mudah itu bank BCA untuk freelancer. Ga nanya macam – macam. Tapi limitnya sendiri ya ga besar juga.

      Trims share pengalamannya mas Kris. 🙂

  3. Betul banget tuh bro. Dapetin CC BCA bisa dibilang lebih mudah. Saya gak ada rek di bca di setujui, gak pake ribet, berkasnya slip gaji, fc npwp, fc ktp.
    Verifikasi cuma ke hp doang sedangkan kantor, rumah sama orang terdekat gak ditelpon.
    Sy ngajuinnya + isi aplikasi via online buat dapetin nomor registrasi terus nganterin berkas ke kantor cabang terdekat.
    Total proses sampe cc bca (2 kartu) keterima sekitar 30 hari.
    Setelah cc bca keterima baru deh seminggu kemudian buka rekening bca, sebagai ucapan terima kasih :))
    Sampai skrg pemakaian cc bca lancar jaya dan selalu payment tepat waktu biar bisa naikin limit nantinya 🙂

    • Wah trims sharenya mas. Saya belum tahu soal apply onlinenya, dan sekarang jelas ga bisa coba karena sudah punya. 😀

      Mas bisa ajukan naik limit lewat aplikasi m-BCA lho. Siapkan saldo diatas limit yang diinginkan kata mbak csnya biar besar kemungkinan diapprove. 🙂

Tulis komentar...