Pengalaman cicilan kartu kredit BukaLapak

Mumpung BukaLapak masih promosi cicilan 0% apabila menggunakan kartu kredit, akhirnya saya memanfaatkannya untuk belanja sebuah hp second Fujitsu Arrows F-05F yang secara spesifikasi lumayan, tapi ya sulit menemukan sparepartnya kalau ada masalah. Cocok buat para ojek online dan online shop yang perlu smartphone murah tapi bagus.

Harga yang saya dapatkan totalnya dengan ongkir Rp.631.000 kalau beli tunai. Saya yakin soal cara pesan dan checkout di BukaLapak anda sudah paham.

Ada sedikit perbedaan untuk pemilihan cicilan pada metode pembayarannya, kalau di marketplace lain kita tentukan dulu berapa bulan (dan estimasi per bulan), di BL kita harus mengisikan data kartu kredit dahulu baru bisa menentukan periodenya. Terus terang, hal ini sempat membuat saya ragu melanjutkan prosesnya karena takut bakal kena charge penuh.

Kemudian kita akan diminta mengisikan nomor verifikasi (OTP) yang dikirimkan ke nomor hp terdaftar pada kartunya, saya pakai KK dari BCA, tanpa ini kita tidak bisa menyelesaikan transaksinya. Oh iya ada kena fee juga, saya kena sekitar Rp. 6000.

Setelah itu seller akan menerima informasi bahwa pembayaran pesanan sudah lunas dan seharusnya (maksimal 2 hari) akan dikirimkan. Sempat kepikiran, kalau pesanan ditolak atau ada masalah hingga batal bagaimana nanti proses refundnya. Ya untungnya milik saya lancar. 🙂

Sekarang adalah hal yang lebih penting, menurut notifikasi BukaLapak awalnya kita akan kena tagihan penuh dan dalam beberapa hari akan dikembalikan dan dipecah menjadi cicilan.

Intinya memang tidak instan, dan kalau sudah terlanjur jatuh tempo tagihan bulanan kartu kreditnya tetaplah bayar sesuai cicilannya asalkan memang sudah dipecah.

Darimana kita tahu kalau sudah kena reversal dan dipecah? Kalau mau tahu yang terbaru rutin – rutinlah cek transaksi kartu kredit lewat internet banking (saya pakai BCA), mobile banking atau telepon ke cs banknya. Tapi kalau terima jadi ya tinggal tunggu invoice kartu kredit anda saja apakah sudah diproses cicilannya.

Selengkapnya bisa cek sumbernya:

  1. https://www.bukalapak.com/bantuan/sebagai-pembeli/belanja/syarat-membeli-barang-cicilan
  2. https://blog.bukalapak.com/2016/06/fitur-baru-cicilan-bukalapak/

Leave a Reply