Penyebab dan solusi munculnya titik di layar monitor

Sebelum anda berpikir yang dibahas adalah mengenai dead pixel… bukan kok. Saya akan membahas kejadian munculnya beberapa titik aneh di lokasi yang acak pada tampilan di layar monitor dan waktu munculnya sendiri juga tidak pasti. Warna titik – titik ini bisa putih, merah , biru, hijau dan lainnya.
dotted-screen

Titik – titik ini biasanya muncul saat menjalankan aplikasi video player atau game, baik dalam keadaan fullscreen atau windowed. Jadi bisa diperkirakan bawah penyebabnya adalah video card yang digunakan. Sekarang bagaimana cara mengatasinya?

Install ulang atau update driver video card

Driver kartu grafis anda mungkin bermasalah, tak ada salahnya anda menginstall ulang driver yang digunakan kalau versinya sudah yang paling baru atau update bila ada versi yang lebih baru. Sebaiknya anda bersihkan dahulu driver lama yang terinstall dengan tuntas. Bila anda tidak mengetahui VGA yang digunakan, gunakan Speccy untuk mengetahui spesifikasi hardware anda.

speccy-summary

Atur frekuensi clock dan voltase video card

Kalau cara diatas tidak memperbaikinya, silahkan perhatikan suhu dari video card anda dari hasil GPU-Z. Ini bisa disebabkan oleh panas yang berlebihan pada graphic card anda. Voltase dari GPU anda juga bisa menjadi penyebab, turunkan kalau bisa.

gpu-z-sensors

Cara lain adalah dengan menggunakan kipas yang lebih baik atau menggunakan AC di ruangan anda.

Kalau solusi diatas tidak bisa mengatasi munculnya titik – titik dengan berbagai warna di layar monitor anda, maka sebaiknya anda bersiap mengganti kartu grafis anda.

Tulis komentar...