Seller AliExpress minta pesanan dibatalkan

Advertisements

Berbagi pengalaman pribadi soal belanja online lewat AliExpress, walau jarang saya lakukan sekarang ini karena sudah ada Lazada dan Shopee tapi memang ada beberapa barang spesifik yang adanya cuma disini. Unggulnya memang banyak jenis produk dan harga bisa murah, kurangnya cuma ini pembelian internasional jadi bisa lama dan bakal kena bea cukai juga.

Ceritanya saya membeli sebuah headset karena iseng ada voucher diskon dan saya hitung-hitung bisa lebih murah daripada beli di Indonesia. Juga karena saya tidak terburu-buru, karena dari yang lalu-lalu dalam sebulanan sudah diantarkan kantor pos ke rumah.

Asal muasal permintaan seller AliExpress

Tapi yang jadi hal mengherankan adalah saya dikirimkan pesan dari seller seperti ini:

The message comes from order number
My dear, I’m sorry because your area is too remote. Shipping costs $5. We can’t afford the cost. Can you accept an additional $1 shipping fee? After that, I will send you AliExpress Standard Shipping logistics, so that the goods can reach your hands faster and better.
I apologize again, if my honesty hurts you, I hope you can forgive
me
Dear friend, you can click on the link above to make up the freight. Thank you for your understanding

Atau ini

Dear friends, sorry to bother you Thank you very much for buying from us. Sorry for any inconveniences caused. When we were going to ship the product to you, we found that the product was defective. So the package is being returned, we will refund you immediately, don’t worry. I’m really sorry for keeping you waiting so long. Looking forward to your reply

Dan pasti ada variasi template lainnya yang intinya nanti kalau difollowup akan mengutarakan masalah yang sama. Yakni penjual/toko AliExpress tersebut ingin kita pembeli membatalkan transaksi karena masalah pada pengiriman.

Apa yang diinginkan toko AliExpress tersebut

Solusi yang ditawarkan adalah dengan menambahkan ongkos kirim untuk ekspedisi yang berbeda tapi katanya lebih cepat, atau kita beli ulang barangnya yang sudah disatukan dengan sistem kurir yang berbeda tapi lebih mahal.

Advertisements

Padahal kita belanja di AliExpress adalah karena harganya murah dan sering ongkirnya gratis. Tujuannya agar kita membayar jasa tambahan ini, jadi untung mereka lebih.

Permintaan cancel transaksi dan pesan ulang itu terjadi di tingkat harga rendah di puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Jadi benar-benar tergantung sellernya mau mencoba modus penipuan ini ke buyernya.

Seringkali kalau diperhatikan ongkir yang ditambahkan itu seharga 5 USD, yang konyolnya pernah terjadi saat saya beli ear tips seharga belasan ribu saja. Malah mahalan ongkirnya.

Mengatasi permintaan cancel order AliExpress

Kabar gembiranya adalah bahwa hal ini dilarang oleh pihak AliExpress, jadi penjual harus komitmen dengan syarat dan ketentuan yang sudah disetujui. Anda tinggal membalas pesan tersebut yang intinya sebagai pembeli tidak akan membatalkan pesanan karena masalah bukan dari pihak kita.

aliexpress seller rules

Tentunya sisipkan link menuju peraturan yang dimaksud.

Advertisements

https://sell.aliexpress.com/zh/__pc/rule_detail.htm

第五条 卖家应恪守诚信经营原则,及时履行订单要求,兑现服务承诺等,不得出现虚假交易、虚假发货、货不对版等不诚信行为,详见交易类规则。

Diterjemahkan dengan Google Translate ke Inggris karena lebih akurat dibandingkan ke Indonesia.

Article 5 Sellers shall abide by the principle of good faith management, fulfill order requirements in a timely manner, fulfill service promises, etc., and shall not engage in dishonest acts such as false transactions, false shipments, and mismatched versions of goods. For details, please refer to transaction rules.

Biasanya kalau kita respon seperti ini maka pesanan akan diproses dan dalam pengiriman (Status: Shipping). Kelar sudah masalah ini.

Tapi kalau seller tetap teguh bahwa minta dicancel dan sudah konfirmasi dalam pesannya maka saran saya pertimbangkan ulang baiknya gimana daripada nanti ribet. Anda bisa melaporkan ke customer service kalau kejadiannya seperti ini, karena jelas melanggar aturan marketplace dan refund bisa segera diklaim tanpa menunggu batas waktu.

Tambahan saja kenapa penjual ingin kita yang membatalkan, alasannya sederhana karena kalau mereka tidak memproses order atau malah cancel maka akan kena poin pinalti. Kalau dari pihak buyer yang melakukannya maka aman.

Demikian dan semoga sedikit mencerahkan soal modus scam seperti ini. Asli benar-benar unik.

Advertisements

Tinggalkan komentar