Tips mempercepat propagasi DNS

Saat kita baru membeli domain atau akan berpindah lokasi hosting website maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan nama domain (domain pointing) ke alamat IP server hostingnya lewat DNS record. Biasanya pada tahap ini bisa berlangsung cukup cepat atau entah kenapa kok seharian belum berganti juga IPnya. Nah… ada satu cara yang saya lakukan untuk mempercepat propagasi DNS terutama saat memindahkan hosting situs.

Seperti yang kita tahu yang akan diutak – atik adalah A record yang fungsinya menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP, disini saya misalkan menggunakan CloudFlare tapi juga bisa diterapkan pada penyedia DNS hosting lainnya.

Apa yang perlu kita lakukan? Sebelum anda mengubah alamat IP di A recordnya yang wajib dilakukan adalah mengganti nilai TTL (Time To Live) serendah mungkin. Di CloudFlare paling rendah adalah 2 menit, dan ada DNS hosting lain yang opsi tersingkatnya adalah 5 menit.

cloudflare-dns-hosting

Manfaatnya apa? TTL ini akan menginstruksikan DNS server lain agar menyimpan datanya selama waktu yang ditentukan dalam cache, setelah itu harap ditanyakan lagi ke Authoritative DNS. Ya maksudnya DNS hosting yang anda gunakan. Tapi ini bisa dikatakan anjuran, kadang ada yang mengabaikan, karena itulah proses penyebaran DNS kok bisa tidak seragam atau lama sekali. Dari sisi kita cuma bisa mempercepat lewat cara ini.

Setelah beberapa jam menggunakan TTL rendah ini baru anda ganti A recordnya mengarah ke alamat IP baru hostingnya, biasanya dalam waktu paling lama sesuai TTLnya akan sudah memakai yang baru. Silahkan dites saja propagasi DNSnya lewat ping atau layanan online pemantaunya.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Tips mempercepat propagasi DNS”

Tulis komentar...