Alternatif dari plugin WP-Smush.it

Kalau dulu saya pernah menyarankan WP-Smush.it untuk mengoptimalkan kualitas gambar dengan ukuran terkecil dalam WordPress, tapi karena sekarang layanan Smush.it sudah dimatikan oleh Yahoo (saya tahunya tanggal 25 Maret 2015) dan membuat banyak penggunanya kelabakan maka sekarang saya mencari solusi alternatifnya yang sistemnya serupa.

Jadi kalau di halaman admin WordPress anda muncul pesan peringatan berikut setelah mengupdate plugin WP-Smush.It versi 1.7.1:

wp-smush-it-yahoo-discontinued
Urgent Smush.it Notice

Yahoo appears to be either discontinuing or not supporting their free Smush.it service – bah!

So, WPMU DEV is looking into how we can provide a free service to you that replaces this… but it’s going to take some time.

So, in the interim, we’re providing a (very temporary) 90% discount on any new WPMU DEV membership to WP Smush.It users so you can use our dedicated Smush Pro servers – click here to take that up (and please don’t share it around).

We will update the plugin as soon as we have it in place. Thanks, WPMU DEV

Maka saya anjurkan untuk menggunakan Prizm Image sebagai gantinya karena tidak membebani server hosting dengan proses optimalisasinya dan sangat cocok untuk shared hosting karenanya. Semestinya dalam pencarian anda juga akan menemukan nama Kraken.io yang sejenis, sayangnya yang ini merupakan layanan berbayar berbeda dengan Prizm Image yang bisa digunakan secara gratis.

Kalau anda menggunakan shared hosting yang lebih sakti atau VPS saya menyarankan untuk menggunakan plugin EWWW Image Optimizer atau CW Image Optimizer, ini dikarenakan keduanya menggunakan program yang sudah ada dalam server Linux dalam mengoptimalkan gambar atau foto – cuma spesifikasi hosting anda harus lebih baik saja, karena itu saya tidak menyarankan untuk digunakan dalam hosting bertipe shared.

5 pemikiran pada “Alternatif dari plugin WP-Smush.it”

    • Halo Oescar, sekarang coba diupdate lagi mas WP-Smush.it-nya. Versi plugin semestinya adalah 2.0 dan sekarang sudah digantikan menggunakan server dari WPMUDEV, tetap gratis digunakan tapi bisa diupgrade menjadi Pro dengan tambahan fitur. Tapi versi gratisnya saya rasa sudahlah cukup.

  1. emang susah nyari pengganti smush it, sampe sekarang blom nemu yang pas 🙁
    pernah pake EWWW Image Optimizer atau CW Image Optimizer, tapi kaya ga berfungsi udah coba optimize tapi ga ngaruh

    Ada saran mas penggantinya yg bagus, kalaupun berbayar setidaknya terjangkau
    atau kalau pake cdn pengaruh ga yah? terus susah ga prosesnya kalau mau pake cdn?
    Thanks

    Balas
    • Halo Ayu, antara anda tetap menggunakan WP-Smush.it (harap diupdate ke yang terbaru, sekarang sudah menggunakan server dari WPMUDEV), atau mencoba alternatif seperti Prizm Image Optimizer atau ShortPixel Image – gratis juga. Saya mencoba keduanya dan sekarang memakai ShortPixel. Ketiga plugin diatas sekarang ada versi berbayarnya kalau anda minat.

      Kalau EWWW dan CW ini saya memang sempat mengalami masalah kalau dipasang di shared hosting yang servernya terlalu banyak batasan (kebanyakan memang dikebiri dari web hostingnya), cukup berat soalnya menjalankan proses kompresi ulang gambar.

      CDN pengaruh ke kecepatan memuat konten media dari browsernya mbak, sedangkan kualitas gambarnya persis sumbernya dari situs anda. Jadi kalau dari asalnya tidak dioptimasi maka yang disimpan di CDN juga sama.

      Pakai CDN mudah kok mbak, anda bisa menggunakan plugin cache yang mendukungnya (WP Super Cache, W3 Total Cache, ZenCache, dan mungkin masih ada lagi), atau satu plugin khusus untuk pemasangan CDN di WordPress seperti CDN-Linker (harap diambil dari GitHub karena lebih baru).

Tulis komentar...