Apa itu SSL?

Akhir – akhir mulai ramai masalah SSL (Secure Socket Layer) untuk penggunaan pribadi seperti di blog atau forum, sebelumnya cuma toko online yang mempertimbangkan pemakaian SSL. Ini dikarenakan Google telah menyatakan mulai mempertimbangkan adanya SSL untuk faktor ranking halaman website pada hasil penelusurannya, jadi yang sedang bingung tentang SSL motivasinya kebanyakan adalah mengenai SEO (Search Engine Optimization).

Saya tidak akan menjelaskan secara teknis apa dan bagaimana itu SSL, juga cara mendapatkan dan memasangnya di website anda. Tapi saya akan bicarakan dasar – dasar mengenai apa itu SSL dan bagaimana fungsi SSL dalam interaksinya.
google-co-id-ssl-certificate

Fungsi SSL adalah untuk memastikan setiap pesan adalah asli (Authentication), isi pesan tersebut bersifat rahasia – tidak dapat bocor atau disadap (Confidentiality) dengan menggunakan algoritma enkripsi, dan tidak ada modifikasi yang terjadi pada pesan yang dikirim (Integrity). Intinya memastikan setiap komunikasi yang terjadi adalah aman dan benar – benar antara pihak yang memang sedang terhubung.

Jadi kalau anda memanfaatkannya harus dengan memiliki sertifikat SSL, ini bisa didapatkan gratis atau membeli. Jenis sertifikat SSL juga ada banyak, terutama dari jumlah dukungan domain yang bisa disertakan dalam satu sertifikat, tingkat enkripsi yang dipakai, siapa yang mengeluarkannya dan pastinya adalah harga.

Selain itu anda membutuhkan alamat IP publik yang dedicated hanya untuk website anda sendiri, kalau dalam satu server hosting ada beberapa website seperti di shared hosting maka umumnya tidak bisa – kecuali mendukung sistem SNI (Server Name Indication). Saran saya tanyakan dulu ke web hosting yang anda pakai sebelum terlanjut membeli sebuah sertifikat SSL dan ternyata tidak bisa diaktifkan di nama domain website anda.

Karena itu untuk menggunakan SSL pada situs anda bukanlah hal yang mudah, membutuhkan investasi baik uang, waktu, tenaga dan pikiran – apalagi kalau belum pernah mensettingnya sendiri.

Tulis komentar...