Cara menyembunyikan WiFi di modem Huawei

Untuk menggunakan koneksi WiFi memang mudah, tinggal cari mana nama hotspot yang ada di sekitar menggunakan laptop atau handphone dan kalau tidak dipassword maka akan langsung terhubung. Tapi seringkali akses WiFi tersebut aslinya bukan untuk umum melainkan untuk penggunaan pribadi, biasanya di rumah dan tidak ingin agar tetangga atau anak kos sebelah meminjam koneksi internetnya. Sungkan juga menolaknya. 😛

Karena sebagian besar yang memiliki akses hotspot dirumah menggunakan Telkom Speedy maka salah satu modem WiFi yang diberikan adalah dari Huawei, jadi kalau anda memiliki modem dengan merek ini maka kita bisa dengan mudah menyembunyikan adanya WiFi dari mata orang lain.

Disini saya menuliskan caranya berdasarkan Huawei HG532e milik saya, jika milik anda adalah TP-LINK sudah pernah saya bahas cara merahasiakan akses hotspot sebelumnya. Sekarang silahkan buka halaman admin modem Huawei dengan mengetikkan alamat IP 192.168.1.254 pada browser, isikan username dan password adminnya juga – kalau tidak tahu silahkan coba admin untuk keduanya.
huawei-hg532e-login

Setelah itu segera saja akses bagian Basic > WLAN > WLAN untuk membuka Wireless settings. Silahkan geser kebawah dan berikan centang pada Hide Broadcast.

huawei-hg532e-wireless-settings

Catatan saja kalau opsi diatas tidak muncul berarti username yang digunakan bukanlah admin, atau untuk modem dari Telkom Speedy membutuhkan tingkat super admin. Untuk default lainnya silahkan coba username: support dan password: theworldinyourhand.

Karena sekarang nama SSID dari hotspot akan hilang maka biasanya setiap perangkat yang terhubung akan terputus koneksinya, dan untuk terhubung kembali harus secara manual setting dengan mengisikan apa namanya, jenis enkripsi, juga passwordnya (wireless pre-shared key). Niscaya sekarang cuma anda yang bisa menggunakan akses internet.

14 pemikiran pada “Cara menyembunyikan WiFi di modem Huawei”

  1. Kalau passwordnya di hide tp di klik tombol supaya password nya nampak gimana gan. Soalnya udh sampe seperti di gambar itu tapi cman bisa liat brapa huruf saja. Tidak nampak bacaannya karna hide ceklisnya gamau buka bacaan thx

Tulis komentar...