Cara melihat alamat IP Android

Sebelumnya saya pernah membahas bagaimana melihat alamat IP handphone Android tapi dengan cara yang terus terang ribet sekali, mungkin karena waktu itu saya masih awam sekali soal Android ini. Lagi – lagi keponakan saya memberi tahukan bahwa ada cara yang lebih mudah untuk mengecek alamat IP dari perangkat Android anda saat itu dan tidak perlu lewat pengaturan WiFi.

Agak malu juga diajari oleh keponakan sendiri. Haha… 😀 jadi bagaimana caranya?? Langsung saja buka Settings (Pengaturan/Setelan) kemudian geser kebagian paling bawah dan anda akan menemukan System, tap pada About (Tentang/Mengenai).
zenfone-5-android-settings-system

Akan muncul profil sekilas dari handphone Android anda, silahkan tap pada Status. Oh ya, disini saya mencoba di ASUS Zenfone 5 dengan Android 4.4.2 Kitkat, di Smartfren Andromax C3 juga sama.
zenfone-5-android-about

Nah… pada Status ini geser lagi kebawah dan anda akan menemukan informasi mengenai alamat IP yang digunakan saat itu. Formatnya bisa dalam IPv4 dan IPv6 kalau didukung. Bedanya dengan metode cek IP di WLAN adalah ini juga bisa dilakukan pada saat anda menggunakan koneksi data seluler.
zenfone-5-android-status-ip-address

Data lain yang berhubungan adalah MAC Address untuk WLAN anda dan kode IMEI untuk perangkat mobile juga ikut ditampilkan disini, jadi tidak perlu repot – repot menggunakan kode – kode angka atau melalui opsi lainnya untuk mendapatkan informasi yang sama.

Semoga bermanfaat. 😉

Tulis komentar...