Cara mengaktifkan CloudFlare di cPanel

CloudFlare adalah layanan CDN untuk meningkatkan kecepatan website, menghemat bandwidth hosting, merendahkan penggunaan resource hosting dan sekaligus melindungi situs anda dari serangan bot atau hacker. Dan semuanya ini bisa didapatkan secara gratis oleh seluruh penggunanya. Sebelum saya sudah pernah membahas cara memasang CloudFlare secara manual, tapi bagi anda yang menggunakan shared hosting dengan cPanel biasanya sudah bisa langsung memakainya.

Bagaimana caranya? Silahkan akses cPanel website anda terlebih dahulu, kemudian geser ke bagian Software / Services. Klik saja icon CloudFlare (awan berwarna oranye).
cpanel-software-services

Kalau ini pertama kalinya anda mengakses fitur ini di cPanel maka anda akan diminta memasukkan alamat email untuk menggunakan CloudFlare di cPanel untuk website anda. Isikan dan klik Signup Now!.
cpanel-cloudflare-sign-up

Seluruh domain anda yang ada di akun hosting akan muncul, ini termasuk addon domain. Statusnya akan muncul Not Powered by CloudFlare. Untuk memasangkan layanan CloudFlare di situs anda silahkan klik Edit.
cpanel-activate-cloudflare

Tepat dibawahnya akan muncul tabel DNS record dan pada baris pertama (CNAME) silahkan klik icon awan berwarna abu? abu di kolom pojok kanan. Ini berfungsi untuk mengaktifkan CloudFlare pada nama domain yang anda pilih, dan nantinya icon awan akan menjadi oranye menandakan kalau sudah hidup.

Selesai! Sudah cukup sampai disini sebenarnya langkah – langkah memasang CloudFlare untuk website yang dihosting dalam cPanel.

Tapi kalau anda perhatikan maka akan ada opsi baru yaitu Statistic and Settings, yang akan menambahkan informasi baru mengenai statistik penggunaan CloudFlare. Statistik ini akan diupdate setiap 24 jam, jadi kalau anda baru saja mendaftar seperti saya maka jelas akan kosong isinya.
cpanel-cloudflare-statistics

Juga menunjukkan apa setting CloudFlare yang sedang aktif digunakan. Opsi yang ada lebih terbatas dibandingkan dengan pemasangan CloudFlare secara manual, cara settingnya tidak selengkap di panel aslinya.
cpanel-cloudflare-settings

Tapi secara keseluruhan sebenarnya tidak banyak yang harus dikonfigurasikan, setting default saja sudahlah cukup dari pengalaman saya. Selamat mencoba! 😀

Tulis komentar...