Cara mengatasi “Your domain is not pointing to our nameservers at the moment” di cPanel

Kalau saat mengunjungi website milik anda malah tidak muncul karena DNS server lookup failed atau error DNS lainnya,? ini bisa disebabkan masalah propagasi DNS, atau cek saja cPanel situs anda dan lihat apakah muncul pesan informasi yang diawali “Your domain is not pointing to our nameservers at the moment”. Jika iya maka kesalahan terletak pada setting nameserver domain anda.

Membuat website memang merupakan proses gampang – gampang susah, bagi yang masih pemula atau awam kadang mengalami masalah pada saat setting nama domain ke web hosting mereka, apalagi kalau beli domain dan hostingnya di tempat berbeda (saya menyarankan hal ini malah, tapi kalau terlalu repot beli keduanya dari web hoster yang sama juga tidak apa – apa). Karena itu masalah konfigurasi nameserver bisa terjadi dan ini bisa menghalangi akses ke situs anda.

Secara lengkap pesan peringatan ini berbunyi seperti berikut:

INFO: Your domain is not pointing to our nameservers at the moment, so services such as FTP, File Manager, Website Builder, E-mail (and others) will not work correctly. You can find our nameservers at the “Accounts -> Details” section. Please mind that DNS might take up to 24 hours to propagate when the change is submitted.

Akibat belum diarahkannya domain anda ke nameserver web hosting anda maka beberapa fitur di cPanel tidak bisa digunakan dan terutama anda sendiri dan pengunjung lainnya malah tidak bisa browsing website anda.

Bagaimana cara mengatasi error nameserver nama domain ini? Mudah saja caranya yaitu dengan memperbaiki nameserver ke tujuannya yang benar. Karena di Indonesia umumnya masih membeli domain dari penyedia jasa web hosting yang dibeli dan software yang biasa digunakan adalah WHMCompleteSolution yang akan saya contohkah kali ini. Untuk pembeli nama domain di tempat lain seperti NameSilo silahkan adaptasikan caranya saja, tidak banyak perbedaannya.

Pertama login ke akun web hosting anda, bukan login ke cPanel tapi akses Client Area dari web hosting anda.

mangkuk-merah-whmcs-client-area-login

Kemudian akses daftar nama domain melalui Account Overview.

whmcs-account-overview

Klik Manage Domain dan pilih Manage Nameservers pada nama domain yang ingin diperbaiki.

whmcs-manage-domain

Kalau anda membeli nama domain dan web hosting dari penyedia jasa yang sama maka pilih saja Use default nameservers dan domain tersebut akan otomatis menggunakan NS dari web hosting yang anda beli. Tapi kalau anda membeli domain di tempat yang berbeda maka pilih Use custom nameservers (enter below) dan isikan nameserver yang anda dapatkan saat membeli hosting. Umumnya sistem penamaan NS web hosting adalah ns1.[webpenjualhosting].com dan ns2.[webpenjualhosting].com.

whmcs-manage-nameservers

Masih kesulitan? Lebih baik hubungi support web hosting anda melalui Live Chat atau Support Ticket untuk dibantu setting nameserver domain dan hosting anda.

Mau tahu apakah konfigurasi nameserver domain anda berhasil? Cek propagasi DNS record nama domain anda untuk mengetahui penyebaran informasi barunya di seluruh dunia, ini bisa memakan waktu beberapa menit sampai jam. Semoga sukses.

Tulis komentar...