Cara mengetahui username dan password Telkom Speedy

Di hari minggu yang cerah ini tiba – tiba modem Wi-Fi Speedy saya berulah, koneksi ADSLnya tidak bisa sinkron – sinkron entah kenapa sebabnya. Setelah mengubungi customer service Telkom Speedyd dan diberitahukan bawah tidak ada gangguan koneksi internet di daerah saya akhirnya saya mencoba akses halaman administrasi modem tersebut dan tampaknya tidak ada masalah. Tambah bingung saja jadinya. Akhirnya saya memutuskan untuk mereset modem, masalahnya saya hanya tahu apa username Speedy tapi tidak passwordnya.

Biasanya pada awal pemasangan Telkom Speedy anda akan diberikan secarik kertas berisi apa Service Name, Username dan Password untuk menggunakan layanan internet. Tapi saya yakin kebanyakan dari kita (termasuk saya) sudah kehilangan kertas tersebut entah terselip dimana, bahkan jadi bungkus gorengan pun tidaklah kaget. Setelah mengobrak – abrik kamar saya dan tidak menemukannya membuat saya pasrah. Hampir saja saya terpaksa memanggil bantuan teknisi Speedy untuk membantu saya.

Jadi percuma saja kalau setting modem ADSL saya reset ke kondisi semula kalau cuma tahu usernamenya saja yang tampil di setting Modem, nanti juga tidak bisa terkoneksi ke internet. Ini membuat saya memutar otak bagaimana cara mendapatkan dan mengetahui apa password dari akun Speedy saya.

telkom-speedy-pppoe-pppoa-username-password

Yang kita gunakan disini adalah command prompt Windows, panggil cmd dan ketikkan perintah telnet 192.168.1.1 kemudian tekan ENTER.

command-prompt-telnet-192-168-1-1

Kalau pada saat anda menjalankan perintah ini muncul pesan “‘telnet’ is not recognized as an internal or external command, operable program, or batch file.” maka anda perlu mengaktifkan telnet terlebih dahulu, defaultnya memang mati seingat saya.

telnet-is-not-recognized

Nanti anda akan diminta mengisikan password. Catatan saja kalau anda merasa tidak pernah mengganti password default modem anda maka isikan admin. Kalau salah cek bagian bawah perangkat modem anda, biasanya akan tertuliskan apa username dan password defaultnya – biasanya sih admin.

Karena modem saya adalah TP-LINK maka pada tampilan setelah berhasil masuk akan muncul nama produknya. Selanjutnya ketikkan perintah show all dan tekan ENTER.
telnet-show-all

Geser jendela command prompt dan cari kata – kata username dan password. Di tempat saya bertuliskan PPP Username dan PPP Password.
telnet-show-all-username-password-speedy

Ya, itulah username dan password dari akun Telkom Speedy anda. Kalau anda perhatikan username anda adalah nomor akun Speedy anda, jadi kalau lupa ya bisa anda gunakan cara ini untuk mengetahui nomor pelanggan Telkom anda. Saya sarankan juga anda tidak menunggu sampai ada masalah pada koneksi internet anda baru mencari tahu apa username dan password untuk terhubung ke internet. Segera catat dan simpan di tempat yang mudah diakses, kalau saya sendiri menyimpannya di handphone.

355 pemikiran pada “Cara mengetahui username dan password Telkom Speedy”

  1. kok gak bs ya gan.. setelah masukin telnet 198.168.1.1 di command promptnya, muncul could not open connection to the host, on port 23 : connect failed… gmn ya gan?

    Balas
    • Selamat pagi Bagas, terus terang sebelum anda bertanya saya tidak tahu. πŸ˜€ Tapi saya sudah mencobanya dan memang menggunakan username dan password Speedy yang tersimpan dalam modem untuk mengecek penggunaan kuota bandwidth internet Speedy.

    • Halo Fadeel, itu berarti service Telnetnya masih belum aktif dan tidak melayani hubungan melalui protokol tersebut. Tergantung apa jenis modem apa memang belum tentu menyediakan koneksi melalui port 23 (Telnet).

    • Tidak keluar port 23 maksudnya mas Sarbaini? Wah… kalau ini berarti memang keterbatasan modemnya mas. Sudah coba telnet ke alamat IP gateway internet anda?

    • Kalau dari pencarian saya tampaknya tipe modem tersebut ada Telnetnya mas. Seharusnya bisa diakses. Ada kemungkinan dimatikan oleh Telkom supaya tidak diutak-atik oleh pelangganya. Saya belum menemukan solusinya untuk mengaktifkan layanan Telnet di TP-LINK TD-W8961N sementara ini karena belum pernah menggunakannya. Akan saya tanyakan ke kenalan saya apakah ada modemnya, semoga saja ada.

    • Selamat siang Agung, mohon disertakan apa merek dan model dari modem ADSL anda. Dan yang tidak bisa itu di langkah yang mana. Saya kesulitan memperkirakan apa masalahnya kalau tidak tahu apa – apa yang ditanyakan. πŸ™‚ Mungkin ada solusinya atau malah memang sudah dimatikan akses Telnetnya oleh Telkom Speedy.

  2. selamat siang..

    utk modem sanex (ADSL-SA 5100) kebtulan beberapa menu ngk bs di buka kalau melalui browser sprt di bagian wizard, tdk bs meng-klik “PVC settings” & “Wizard”, ngk tau knpa.
    & pd saat menggunakan telnet, di minta username & password.
    masalah-nya ada pilihan 1 – 10 & di pilihan itu tidak ada petunjuk userid speedy & password di keluarkan.

    terima kasih

    Balas
    • Selamat malam Darma, sudah mencoba username dan password untuk akses administrator modemnya? Seharusnya akun yang digunakan adalah sama.

      Nah… untung anda ikut menyertakan merek dan model modem anda, saya menemukan sebuah program bernama RouterPassView yang menyatakan bisa mendapatkan seluruh password yang tersimpan dalam modem Sanex SA 5100.

      Anda tinggal mendownload file konfigurasi dari menu Maintenance atau Administration, biasanya file ini dibuat untuk backup setting modem.

      Oh ya, kalau berkenan mohon file konfigurasi (*.conf) modem anda diattach ke email [email protected], saya berniat membuatkan tutorial cara pakainya untuk membantu pengunjung lain yang kesulitan dan program ini mendukung jenis modemnya.

    • Selamat malam Edo, ada kemungkinan kalau password admin sudah digantikan atau akses telnet sudah dimatikan oleh Speedy di modemnya.

      Sudah mencoba username dan password default lainnya?

  3. mas mau tanya, klo pake merek speedy D-LINK gimana caranya ya mas..?

    Edit:

    mas maaf ya mw nanya lagi,, tadi saya sudah isi telnet 192.168.1.1 lalu saya takan enter malah minta login mas, itu gimana ya?

    Balas
    • Selamat sore Fendi, ini D-LINK model apa ya? Kan cukup banyak jenisnya. Tapi kalau saat anda akses melalui telnet meminta login maka isikan saja dengan username dan password untuk mengakses admin modemnya. Coba admin untuk keduanya, selama belum dirubah semestinya bisa.

  4. Permisi mas
    Saya sudah berhasil mendapatkan ppp user name dan password
    Tapi masih mengalami kendala saat login di indihome
    Mohon pencerahannyao

    Balas
    • Makasih atas infonya,,
      saya dapat tiga Poin Pencerahan
      1.Cara mendapatkan pasword Speedy, melalu CMD IP TP-Link,
      (saran Buat teman2, utk melihat IP Modem Spedy anda, Lihat tulisan di bawah modem anda)
      2.Ternyata websit loginnya http://telkomspeedy.com/info-pemakaian-speedy sebelumnya saya Bingung mana situs nya utk loginnya πŸ™‚
      3.Ternyata Mengetahui user dan pasword, Buat antisipasi ya,, (tambahan ternyata CCTV online juga memerlukan user dan pasword ini )
      Trimakasih infonya

    • Selamat malam Sholeh, terimakasih atas rangkuman dan tambahan informasinya. πŸ™‚ Memang kadang beberapa modem TP-LINK alamat IPnya tidak berada di 192.168.1.1 dan semestinya saya update supaya mengurangi kebingungan yang sedang mencari solusi.

      Terimakasih kembali.

  5. Selamat Pagi,

    Boleh nanya pak, untuk setting modem TP-LINK yang benar gimana yah ? ( TD-W8151N)
    Kemarin waktu pemasangan dan di uji oleh teknisi speedy inetnya berjalan lancar, tetapi 5jam kemudian muncul icon pada layar kompuuter saya (! no internet connection sedangkan lampu indikator pada modem normal semua).

    Balas
    • Selamat sore Ghazali, ini putus – putus maksudnya modemnya nyala normal semua tapi koneksi internetnya tidak stabil? Atau lampu sinkronisasi ADSLnya sering mati sendiri?

      Kalau yang pertama biasanya dari Speedynya atau modemnya yang bermasalah, bisa minta ganti secara gratis asalkan dalam waktu 6 bulan sejak pemasangan baru.

      Jika yang kedua berdasarkan pengalaman saya adalah kabel yang digunakan ada cacat, atau jaringan telepon yang digunakan sudah tidak layak lagi. Apalagi sewaktu hujan dijamin tidak bisa terhubung,

      Sudah mencoba memanggil teknisi Speedy mas? Akan lebih cepat ditemukan penyebabnya apa dan dibantu memperbaikinya. Gratis kok.

    • Halo Dhany, bisa disebutkan ini menggunakan modem merek apa dan modelnya? Kemungkinan akses password melalui Telnet memang sudah diblokir oleh Telkom.

  6. malem mas, saya mau tanya kenapa setelah saya masukkan perintah telnet 192.xxx (telnet sudah saya aktifkan) bukannya minta password, malah keluar: “could not open connection to the host…blabla”

    Balas
    • Selamat pagi Hidayat, boleh tahu apa modem dan tipenya? Kemungkinan besar memang akses telnet ke modem telah diblokir oleh Telkom.

    • Halo Novra, Oh maksudnya yang pegang tahu admin modem kakaknya? Kalau tujuannya cuma ingin mengetahui apa username dan password Speedy maka jalan paling mudah bagi anda cukup dengan menghubungi 147 dan berikan nomor pelanggan anda, nanti minta tolong apa user dan passnya – pasti diberitahu.

  7. maaf bro saya ndak bisa taupassnya waktu saya ketik admin tidak mau dan saya memang bener bener lupa password speedynya T.T mohon pencerahananya broo

    Balas
    • Halo Satria, jangan dibuat susah mas. πŸ˜€

      Kalau cara – cara diatas tidak bisa, maka jangan ragu untuk menelepon 147. Dijamin dalam 5 menit akan didapatkan apa username dan password speedya anda.

    • om can..saya udah coba semua tp tetap g bs..pas masukin passwordny d cmd g bisa di tulis.klo di paksa enter jd btal..modem saya speedy huwaei. win7

  8. gan permisi mau nanya speedy saya tiba tiba nggak bisa konek ke internet, waktu saya login ke modem di bagian network> wan connection ternyata username, password, dan VLAN ID nya kosong, saya nggak tahu passwodnya sama VLAN ID nya apa perlu panggil teknisi atau bisa diisi sendiri? dan apakah masalah koneksi saya tersebabkan karena itu? modemnya ZTE F660

    Balas
    • Halo Neon, bisa disetting sendiri kok dan VLAN ID bisa diabaikan. Tapi karena anda lupa apa username dan passwordnya maka cara paling mudah adalah menanyakannya ke 147, tidak sampai 5 menit (kalau tidak mengantri) maka akan diberitahukan data tersebut. Oh ya nomor pelanggan anda (saat membayar tagihan telkom) adalah username speedynya ditambahkan @telkom.net (misal: [email protected]).

    • Selamat pagi Sultan, berarti memang konfigurasi modem anda untuk akses internet Telkom Speedy dalam keadaan kosong. Sudah pernah direset modemnya mas?

      Solusi terakhir kalau anda tidak pernah merasa mencatat hanyalah menghubungi customer care Telkom di 147.

    • Halo Lukman, boleh tahu apa merek dan tipe modemnya? Kalau berkenan juga dicopaskan apa isi tampilan yang anda maksudkan. Kemungkinan memang data yang tersimpan adalah salah atau telah dienkripsi oleh modemnya.

  9. Selamat sore mas Chandra kalo login ke router via browser dengan password default biosa tapi diakses dengan telnet kok gak bisa ya? masukin password salah terus. Thanks

    Balas
    • Halo Arul, mohon disertakan merek modem dan modelnya. Agak susah memperkirakan apa masalahnya kalau tidak tahu apa – apa. πŸ™‚ Kemungkinan besar telnet di modem tersebut memang dimatikan permanen oleh Telkom.

    • Iya mas, jadi kabarnya memang dimatikan akses telnet untuk beberapa jenis modem. Mau tidak mau harus diflash ke ROM asli modem (bukan bawaan Speedy). Reset factory ga bisa buat ini.

    • Selamat pagi Sora, ini internet speedy anda bisa digunakan tidak? Boleh tahu apa merek dan model modemnya?

      Saya rasa itu konfigurasi default dari modem kalau belum pernah disetting sebelumnya.

  10. Malem mas.. mas mau tanya.. kok modem saya nggak bisa konek ke internet. lalu saya coba troubleshoot problems dikatakan bahwa “The Remote Device or Resource won’t accept the Connection”. Itu gimana ya mas? thanks b4.

    Balas
    • Selamat malam Alfi, boleh tahu apa merek dan model modemnya? Sedangkan troubleshoot ini dari Windows atau dari modemnya?

    • Halo, maksud anda username dan password untuk akun Speedy Instant ya? Soalnya WiFi Speedy Instant tidak diberi password sehingga bisa langsung terhubung.

      Speedy Instant ini harus beli dulu mas paketnya, dan validasinya langsung ke server Telkom Speedy. Jadi kecuali anda membeli sendiri atau meminjam punya teman ya tidak bisa digunakan.

    • Itu modemnya menolak koneksi dari Windows mas, antara masalah pada setting IP untuk Internet Gateway, Speedy sedang trouble atau ada konfigurasi Proxy yang sedang aktif.

      Untuk Internet Gateway coba cek apakah sudah benar 192.168.1.1?
      Sedangkan untuk Proxy coba cek Internet Explorer > Internet Options > Connections > LAN Settings > Hilangkan centang pada Proxy server.

    • mas sy udah nyampek login udh sy ketik admin tp setlh di enter ke paswordnya setelh diketik gak bisa gk keluar huruf ato angka seprti keyboad gk fungsi, modemnya huawei HG532e

    • Halo Nuru, boleh tahu apa merek dan tipe modemnya? Secara umum arti pesan error tersebut adalah tidak ada layanan Telnet yang aktif pada modemnya, bisa jadi dimatikan oleh teknisi Telkom Speedy.

    • Halo, kalau begitu solusinya adalah dengan menghubungi 147 mas. Cepet kok, cuma 5 menitan sudah berhasil mendapatkan apa username dan password speedy anda.

  11. Selamat pagi….
    saya menggunakan modem huawei dan router TP-LINK TL-WR941ND, saya sudah mengikuti tutorial diatas, tapi untuk passwordnya tidak kelihatan (masih berupa titik atau bintang)… bagaimana solusinya…???
    terima kasih

    Balas
  12. Selamat malam..

    Apakah modem yang bersangkutan harus konek dengan kabel LAN ke komputer yg ingin melihat data tersebut?

    Soalnya saya cek data tersebut melalui WIFI tanpa konek ke modem.. keluar perintah…
    “could not open connection to the host, on port 23 : connect failed”

    saya memakai (TP-LINK) model no= TD-W8151N

    Balas
    • Selamat malam Andi, bisa kok konek ke Telnet modem melalui WiFi. Saya sudah pernah mencobanya dulu, dan kebetulan tipe modem TP-LINK yang digunakan sama.

      Tapi kalau dari pesan error yang anda sertakan itu disebabkan layanan Telnet di modemnya dalam keadaan mati. Mungkin sudah dimatikan permanen oleh teknisinya.

  13. halo mas. kegunaan nya username pass yang ada di interface setup itu apa sih? apa bisa di pakai di wifi corner? dan cara melihat pass yang ada di interface setup itu gimana? soal nya pass *****. saya pernah lihat di facebook wifi.id dan mereka posting kalau password nya itu nomer telp rumah. apa benar? mohon pencerah

    Edit:

    saya ngetik telnet 192.168.1.1 kok muncul β€œconnecting to 192.168.1.1. . . could not open connection to the host, on port 23: connect failed”

    Balas
    • Selamat pagi Ekhy, username dan password di Interface Setup itu untuk koneksi Speedy. Sedangkan untuk melihat kata sandi yang disembunyikan dibalik simbol bintang/asterisk (*) bisa menggunakan BulletPassView.

      Sedangkan password WiFi Corner atau Speedy Instant memang bisa menggunakan nomor telepon rumah kalau pada nomor tersebut juga terpasang Speedy. Ini dulu sih mas sewaktu saya mencoba – coba, entah sekarang mungkin ada yang lebih tahu. πŸ™‚

      Untuk akses telnet yang gagal, anda menggunakan modem merek apa dan modelnya? Apakah untuk membuka halaman administrasi modemnya juga di alamat IP 192.168.1.1? Kalau berlainan maka IP address untuk telnetnya juga disesuaikan, kalau sama maka berarti akses telnetnya sudah dimatikan permanen.

    • Selamat pagi Helmy, password yang tersimpan dalam modem? Mau tidak mau telepon ke 147 mas, cepet kok 5 menit saja kalau tidak mengantri.

    • Halo Oded, saya belum pernah mencari tahu caranya sih. Tapi sudah saya catat dan akan saya cek apakah ada perintahnya.

      Dari pertanyaan anda berarti bisa masuk ke halaman administrasi modemnya ya? Cuma password WiFinya disembunyikan dibalik simbol asterisk (*) kan? Coba gunakan aplikasi BulletPassView mas.

  14. Malam mas.
    Saya udh ikutin semua Langkah.
    Ppp username ada nmr speedy saya.
    Tapi ppp password kosong.
    Udh saya reset gitu si kemarin modemnya
    Tp link w8151n
    Mohon bantuannya

    Balas
    • Halo Elwin, tapi saat anda membuka halaman administrasi modem ada isinya mas? Coba gunakan aplikasi BulletPassView untuk melihat apa passwordnya. Kalau tidak ada ya mau tidak mau anda harus menghubungi customer care Telkom di 147.

    • Tadinya ada mas. Tapi saya blm tau tentang bullet view. Terus saya reset. Abis direset jadi ga ada password sama sekali nj

    • Wah… yang terpaksa anda menghubungi customer care Telkom di 147 mas atau kalau ada kenalan teknisi Telkom bisa minta bantuannya juga.

  15. hi mas chandra, saya abis reset modem, masalahnya saya lupa liat passwordnya via telnet. alhasil ga ada password utk login (username saya masih inget). masalahnya telepon 147 juga ga dikasih tau paswordnya, katanya ketentuan dari cs cuma bisa liat 3 digit akhir password. ada saran harus gimana lagi ? thanks b4

    Balas
    • Selamat malam, wah baru tahu saya ada kebijakan tersebut. Selama ini selalu langsung diberikan kalau menanyakan apa username dan password akun Speedy. πŸ™ Komplain dan minta teknisi datang ke rumah anda mas, ini satu – satunya jalan. Mereka bisa kok mendapatkan passwordnya apa.

    • Halo Naksir, boleh tahu kesulitannya dimana ya? Modemnya sama – sama TP-LINK kan? Saya anjurkan untuk langsung telepon 147 untuk mendapatkan informasinya dari customer care Telkom karena jauh lebih mudah, atau kalau ada kenalan teknisi Telkom juga bisa.

  16. Gan mohon pencerahannya. Ini mungkin kasusnya ada yang sama ada juga kasus baru berbeda dengan artikel yang agan share. Jadi begini ane punya modem TP-Link TD-W8961N yang punya ip access 192.168.1.254, namun modemnya tidak bisa diakses realtime sehingga kalau pengen akses harus restart modem dulu baru bisa itupun setelah itu digunakan pasti ndak bisa diakses lagi.
    Teruskan ini ane pakek fitur mac. addr filter seharusnya IP yang didapat setiap IP kan urut, tapi kenyataannya ada 4 IP Addrs yang terlewat. Contohnya: client 1-3 dapat IP 192.168.1.101-103 terus client 4 dapat IP 108.
    Lha ane juga pengen reset ulang settingan dari teknisi speedy tapi ane ndak tau password speedy-nya. Coba; menggunakan tutorial di artikel agan namun belum berhasil dengan commend “could not open connection to the host, on port 23 : Connect failed”.
    Mohon pencerahannya gan

    Balas
    • Halo Nico, kok saya curiga anda tidak mengakses adminnya karena terkena MAC Filter yang anda gunakan juga. Terus soal pembagian alamat IP bisa disetting di DHCP servernya, coba tentukan saja bisa dimulai dan diakhiri pada alamat IP berapa saja supaya pasti urut.

      Sedangkan error telnetnya, antara memang sudah dimatikan permanen telnet server dalam modem atau alamat IPnya salah. Telnet ke alamat 192.168.1.254 kan mas?

      Oh ya, coba gunakan program untuk melihat password yang tersembunyi dalam tanda bintang seperti BulletsPassView atau langsung tanyakan ke customer care Telkom di 147.

  17. Ane awalnya mau ganti pasword, tapi salah tulis di kotak pasword ppoe itu gan
    udah nyoba semua yg diatas, masukin pasword yg bener juga udah
    tapi kok masih no internet access yah gan?
    Terima kasih

    Balas
    • Selamat malam Ilham, ini mengganti password Speedynya? Situs Telkom Speedy sudah nonaktif tampaknya, sekarang dialihkan ke IndiHome. Takutnya ada masalah sejak anda mengubah datanya.

      Saran saya tanyakan ke 147 apa passwordnya atau coba gunakan password lamanya.

  18. wah ditempat saya nga bisa telnetnya…

    maaf agak menyimpang, kbetulan saya memakai speedy, saat ini speedy saya sedang mengalami maslah. untuk akses ke local host modem ditolak oleh modemnya, sehingga saya tidak bisa menggubah pengaturan wifi saya, anehnya saaat ini saya masih bisa menggunakan internet melalui laptop saya, namaun saya kehilangan akses internet dari handpone saya, padahal pasword wifi sudah saya masukkan sama persis seperti yang ada di pengaturan laptop saya.

    Saya ingin mereset modem saya, namun saya tidak tahu pengaturan password dari telkomsel tersebut. kebetulan saya melihat tread ini jadi saya coba masuk ke telnet dari cmd namaun koneksi ke portnya ditak merespon.

    terimaksih

    Nb * saya memaksi TP LINK TD-W8951ND, telnet di windows sudah saya aktifkan

    Balas
  19. maaf mas mau nanya, passwordnya apa ya? pakai admin gak bisa pakai ADMIN juga gak bisa, tolong kasih password terbarunya πŸ™‚

    Balas
  20. Min saya lupa username n pass modem ane merk zte model nya P-660HN-T1 v2
    Ane udh nyoba tp pas masukin pass pke “admin” malah gagal gmn min?
    Thanks

    Edit:

    Maaf min merek nya bukan zte tapi ZyXel

    Balas
    • Halo Ilman, coba username dan password berikut ya:
      1.none – admin
      2.(kosong) – admin
      3.admin – 1234
      4.(kosong) – 1234
      Yang kosong berarti memang dibiarkan tidak ada isinya.

    • Halo Boxrin, setelah login maka halaman Status akan terbuka selanjutnya silahkan akses menu Network > Local Network (LAN) > IP dan silahkan ganti isi IP Address menjadi alamat IP yang anda inginkan.

    • Ane juga langganan dapet modem itu dan passwordnya saya kira dienkripsi, karena saya bisa masuk lewat web, tapi ngga bisa telnet, soalnya pada form login saya view source ternyata ada algoritma nya.

Tulis komentar...