Cara menyembunyikan hotspot di modem TP-LINK

Sekarang sudahlah wajar apabila di rumah sudah tersedia fasilitas hotspot untuk penggunaan pribadi, kita tinggal menghubungkan laptop atau handphone kita dan akan otomatis online. Tapi kadang kita tidak ingin agar akses WiFi kita ini diketahui oleh orang lain – biasanya tetangga – yang nanti bisa meminta tolong meminjam koneksi internet kita, bukannya tidak boleh tapi nanti jadi sungkan kalau dimatikan aksesnya (dari pengalaman pribadi). Solusinya? Sembunyikan saja hotspot anda. Sehingga kalau tidak tahu apa nama dan passwordnya jangan harap bisa ikut menggunakan.

Pada umumnya kalau kita menggunakan Telkom Speedy sebagai ISP maka akan diberikan modem WiFi gratis, dan kebanyakan mereknya adalah TP-LINK. Karena itu saya akan menuliskan bagaimana caranya merahasiakan akses hotspot berdasarkan modem milik saya yaitu TP-LINK TD-W8151N, jika milik anda berbeda modelnya tapi tetap satu merek biasanya tidak ada perbedaan.

Jadi silahkan akses halaman admin modem dengan mengetikkan alamat IP 192.168.1.1 pada browser. Bila diminta username dan password isikan saja admin keduanya, asalkan anda belum pernah mengubah username dan password defaultnya.
tp-link-192-168-1-1
Setelah itu buka Interface Setup dan akses bagian Wireless, geser halaman ini kebawah sampai anda menemukan Multiple SSIDs Settings. Ubah Broadcast SSID dari Yes menjadi No. Selesai sudah prosesnya, mudah bukan?
tp-link-td-w8151n-broadcast-ssid-settings
Kalau ada perangkat yang sedang terhubung ke jaringan WiFi saat ini maka akan otomatis terputus, dan setiap perangkat yang ingin menggunakan internet nirkabel ini harus secara manual mengkoneksikannya.

26 pemikiran pada “Cara menyembunyikan hotspot di modem TP-LINK”

  1. Salam IT gan!

    Mau nanya nih, kalo langsung disembunyikan lewat settingan install dari kaset modemnya bisa ga? Maksudnya tanpa disetting seperti cara yang agan ajarkan.
    Mohon penjelasannya gan 🙂

    Balas
    • Halo Achil, maksudnya software dalam CD/DVD yang diikutkan dalam dus modemnya? Setahu saya itu isinya cuma firmware modem dan drivernya kalau diperlukan. Tidak ada software manajemen modemnya didalamnya, setidaknya dari TP-LINK yang saya miliki.

      Ada kendala kenapa tidak bisa atau menghindari mengakses admin modemnya melalui cara biasa mas?

    • Halo Erwin, tampaknya ada kesalahpahaman fungsi menyembunyikan WiFi dan tujuan panduan diatas. 🙂 Jadi kalau anda mengikuti langkah – langkah diatas nanti nama atau SSID dari WiFi anda tidak bisa terlihat dari perangkat lain tapi masih tetap ada dan bisa digunakan. Asalkan anda tahu apa nama hotspotnya dan (opsional) apa passwordnya nanti bisa tersambung secara manual.

  2. saya sudah coba, eh malah ndabisa..sempat panik, untung keingat klu ada kabel kuning.. ohiya disitu dibilang sukses tapi nda tersabung kemudian sy coba di tab hasilnya sama nda konek jg. mohon bantuannya soalnya saya curiga sama tetangga, koneksinya jg lelet.lampunya kedap kedip..katanya krn jauh dari telkom ya jadi lambat? terus ini mau ditambah lg, bingung apanya mau ditambahkan..padahal temanku ada yg sama jaringan dia baikbaik sj.. maaf jd curhat min

    Balas
    • Halo Iwii, ga bisanya apakah memang sudah tidak muncul nama hotspot tapi handphone/laptop tidak berhasil tersambung? Tahu caranya menghubungkan WiFi manual kan mas?

      Ada caranya sih mas kalau mau tahu apa saja perangkat yang terhubung ke WiFi, di modemnya semestinya adalah semacam client list atau anda bisa menggunakan aplikasi Fing di Android.

      Semisal hidden SSID gagal atau kesulitan, di modemnya ada bagian MAC filter tidak? Jadi nanti dibuat sistem whitelist, misal yang hanya bisa akses adalah perangkat anda dan selain itu otomatis diblokir. Dapat dari mana MAC addressnya? Pakai Fing diatas akan dideteksi semuanya.

      Haha, tidak apa – apa mas. Mungkin mau upgrade ke IndiHome kalau teknisinya perlu datang. Upgrade bandwidth bisa diatur dari pusat. Tapi kalau sudah ganti macam – macam ya perlu datang langsung.

  3. Mas, saya mau nanya. Kan modem di kantor saya terhubung ke server adminnya. Dan wifinya disembunyiin, jadi saya gak bisa ngejangkau dari hp. Ada solusi mas? Thanks

    Balas
    • Halo Suji, bisa dikoneksikan manual asalkan anda tahu nama WiFinya mas dan passwordnya yang pasti. Kalau tidak tahu ya tidak bisa.

  4. mas, saya udah coba nih mas. Soalnya belakangan ini inet saya kaya lemot gitu (padahal udh 2mbps). Untuk sekarang kayanya masih “aman” sih. Soalnya banyak tetangga saya yg Jago IT. (Anak kuliahan biasanya, maklum aja lah ama mereka ;D )
    btw, ini ada kekurangannya gk mas? soalnya saya jg udh coba berbagai cara jg, mulai ari Netcut, Whoisonmywifi , sampai block mac yg ke detect dari search > network (windows 8 user’s).
    Mohon pencerahannya ya mas. Takutnya inet saya dibobol lagi ;D

    Balas
    • ralat dikit, maksud saya aman diatas itu adalah aman dari tetangga saya yg mayoritas anak kuliahan (walau saya jg anak kuliahan, bedanya tinggal ama ortu ;D ). But, mereka kayanya belajar mati2an buat ngedapetin wifi saya Ghahaha… Ga ada celah di sistem yg agan bagi ini kan? kalo ada kasih tau yaa

    • Halo Dicky, kalau tetangga anda niat bisa dibruteforce passwordnya. Ini bisa makan waktu harian hingga tahun tergantung seberapa panjang karakter passwordnya mas. Saran saya rutinlah mengganti nama SSIDnya dan juga passwordnya, sebulan sekali atau lebih sering lagi. Kalau perlu bikin cerita buat kata sandinya: tanggal30apriljalan2 supaya gampang ingatnya.

      Tidak sekalian manfaatkan sistem whitelist mas? Kalau mas tahu perangkat apa saja yang boleh tersambung ya ikutkan saja, jadi walaupun ada yang tahu passwordnya tetap ditendang keluar mas.

  5. mas aku udah coba, tapi ko yg d hp ttep nyambung . aku pengennya yg connect d hp itu keputus . soalnya ini wifi kantor . bnyak yg pake jadi lemot . gmn ya mas ?

    Balas
  6. bro kalau g ditemui broadcast SSIDnya gmn? ni Tp-link saya,saya fungsikan sebagai repeater,nah saya ingin sembunyikan wifinya,sedangkan broadcast SSID nya g ada, mnta saran dong? oia saya makai TP-Link Pharos CPE 210

    Balas
  7. Gan mau tanya kalo seumpama paswod wiffi tetangga sudah diganti apakah masih bisa menggunakan tp link kita untuk mengakses jaringan’nya sedikit curhat mohon penjelasannya gan makasih …..

    Balas

Tulis komentar...