Cara setting custom domain Tumblr

Tumblr merupakan layanan blog hosting gratis (biasa disebut Tumblog) dan sekaligus sebuah situs media sosial yang cukup populer. Secara default setiap blog yang dibuat akan menggunakan subdomain dari Tumblr.com, misal: utekno.tumblr.com. Senada dengan layanan dari blogspot maka kita bisa membuatnya lebih personal dan ekslusif dengan menggunakan domain sendiri, fitur ini juga bisa diaktifkan secara cuma – cuma.

Tentunya silahkan membeli sebuah nama domain dahulu, kalau anda masih mencari maka saya anjurkan untuk membaca dahulu dimana tempat membeli domain termurah di Indonesia. Pada beberapa provider nama domain kadang kita tidak diberi panel untuk pengaturan DNS record kalau tidak membeli paket web hosting, padahal kita membutuhkannya untuk mengaktifkan setting custom domain. Bila anda cuma mengganti nameserver maka silahkan gunakan layanan pihak ketiga seperti NSONE, PointDNS, atau ClouDNS – semuanya ada versi gratisnya kok.

Persiapan DNS record yang dibutuhkan custom domain Tumblr

Nah… langkah pertamanya adalah menyiapkan DNS record yang dibutuhkan agar domain anda sudah mengarah ke Tumblr. Disini saya memakai PointDNS, setelah anda menambahkan DNS Zone baru untuk domain anda maka selanjutnya adalah mengisikan DNS record supaya nama domain anda mengarah ke Tumblr.
pointdns-custom-domain-tumblr

  1. Misal anda ingin menggunakan domain utama (contoh: utekno.com) maka buatlah A Record menuju alamat IP 66.6.44.4.
  2. Alternatifnya kalau anda ingin menggunakan subdomain (contoh: blog.utekno.com) maka tambahkanlah CNAME record menuju domains.tumblr.com.

Harap gunakan salah satu saja karena fungsinya berbeda, kecuali anda memang memiliki 2 blog Tumblr dan ingin menggunakan domain sekaligus subdomain dari nama domain tersebut.

Kenapa mengatur DNS record adalah yang pertama? Supaya nanti saat anda aktifkan custom domain maka akan langsung bisa diakses tidak perlu menunggu proses propagasi lagi.

Aktivasi custom domain Tumblr

Selanjutnya silahkan membuka dashboard akun Tumblr, dan klik icon manusia diatas dan kemudian icon roda gerigi (gear) untuk mengakses Settings.
tumblr-dashboard
Setelah itu halaman Tumblelog Setting akan terbuka, dan pada bagian username klik Edit (icon pensil).

tumblr-settings

Aktifkan opsi custom domain dan selanjutnya isikan nama domain yang ingin anda gunakan. Klik test dan bila berhasil maka silahkan disave konfigurasi custom domain anda.
tumblr-use-a-custom-domain

Semestinya kalau anda mengakses nama domain baru akan sudah mengarah ke blog Tumblr anda, bila tidak silahkan tunggu beberapa jam proses propagasi DNSnya. Bagaimana kalau ada pengunjung yang mengakses alamat Tumblr lama? Jangan khawatir, akan otomatis dialihkan dari yang lama menuju yang baru, misal utekno.tumblr.com menuju utekno.com.

Demikian panduan setting custom domain untuk blog Tumblr. Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...