Cloudinary: Layanan CDN gratis spesialis gambar

Sudah lazim pada situs kita memanfaatkan layanan CDN untuk meningkatkan kecepatan akses website sekaligus mengurangi beban kerja server hosting, dengan bonus mengurangi konsumsi kuota bandwidth hosting. Inipun kita tidak harus menggunakan CDN premium karena yang gratis pun sudah ada. Tapi kalau anda membutuhkan layanan CDN yang tidak bodoh dan memiliki kemampuan lebih dalam mengolah gambar maka Cloudinary bisa anda pertimbangkan.

Sekarang apa yang bisa kita lakukan dengan Cloudinary? Banyak, apalagi kalau dibandingkan dengan layanan CDN konvensional yang tugasnya hanya melayankan file dan konten statis seperti Photon atau MaxCDN.

cloudinary

Yang diunggulkan adalah kemampuan manipulasi gambar yang sudah terintegrasi langsung dari dasbornya. Silahkan cek Transformations maka anda bisa melakukan cropping, mengubah ukuran gambar, menambahkan watermark, memasangkan berbagai macam efek dan masih banyak lagi.

cloudinary-dashboard

Dengan menggunakan Cloudinary kita bisa menyimpan 7500 gambar dan kuota bandwidth 5GB per bulan dengan kapasitas penyimpanan 2GB, ini untuk layanan gratisnya dan dengan membagikan link ke Facebook dan Twitter kita bisa mendapatkan tambahan kuota gratisnya.

Tentu saja mubazir kalau Cloudinary cuma digunakan untuk menyimpan dan memodifikasi gambar, anda bisa memanfaatkannya sebagai image hosting untuk disisipkan dalam blog anda. Jadi anda akan menghemat kuota bandwidth dan kapasitas disk space hosting anda. Bahkan semua gambar anda nantinya akan menggunakan CDN sehingga menjamin kecepatan loadingnya.

Tentu saja kita bisa menggunakan secara manual dengan proses upload – manipulasi – ambil link – pasang dalam website, tapi kalau anda menggunakan CMS seperti WordPress langsung saja gunakan pluginnya agar semua proses tersebut diotomatiskan dan kita tinggal terima jadinya saja.

Kesimpulannya Cloudinary merupakan layanan CDN spesialis gambar yang cocok disandingkan dengan website kita kalau tidak ingin repot – repot melakukan modifikasi gambar sebelum diupload karena kita bisa melakukannya dari dasbornya.

11 pemikiran pada “Cloudinary: Layanan CDN gratis spesialis gambar”

  1. Kemarin sempet liat tutornya di wp begiiner tentang berbagai cdn gratis. cuma ga terlalu perhatikan yang cloudinary ini. nah kebetulan utekno membahas ini dalam bahasa indonesia. Jadi saya akan implementasi di web saya. terimakasih.

    Balas
    • Halo Fitriana, keunggulan Cloudinary adalah pada tool manipulasi gambarnya tapi untuk kapasitas dan bandwidthnya akan terasa terbatas kalau traffic website anda cukup banyak. Saya perkirakan kalau pengunjung blog anda sudah 1000an lebih per hari kuota bandwidth gratis Cloudinary akan habis.

      Kalau anda hanya membutuhkan sebuah layanan CDN gratis untuk gambar atau foto yang tidak ribet dan menggunakan WordPress sebaiknya memilih Jetpack Photon. Cuma tinggal install pluginnya dan mengaktifkan modulnya maka seluruh konten bertipe gambar akan dihosting menggunakan CDN milik WordPress.com.

  2. saya sudah pakai, sebelum pakai Cloud web sering down, maklum pakai yang share hosting 😀
    Tapi setelah pakai layanan ini web belum pernah down lagi, very recomended deh.

    Balas
    • Halo Lilik, ini langsung pasang ke websitenya mbak. Tidak perlu utak – atik cPanel. Saya cek websitenya sudah menggunakan Cloudinary ya. 🙂

  3. sebaiknya memilih Jetpack Photon. Cuma tinggal install pluginnya dan mengaktifkan modulnya maka seluruh konten bertipe gambar akan dihosting menggunakan CDN milik WordPress.com
    —–
    Kalo jetpack itu bukannya plugin berat ya pak ? Apakah nantinya akan kontraproduktif, disatu sisi kita ingin mengurangi CPU resource dg CDN tp disisi lain menambah beban CPU lewat plugin jetpack yang berat ?

    Kmd kalo photon, apakah bisa hapus file yang sudah di cache k? misalnya ada gambar yg kita upadate dg nama file yang sama. Nah ada fasilitas hapus cache gitu ga kalau di photon ?

    Balas
    • Berat mungkin karena memuat kontennya dari luar dan tidak bisa menggunakan custom domain. Ya tidak mas, ngefeknya paling di pengunjung. Tapi kalau JetPacknya memang terlalu banyak fitur.

      Tidak ada manajemennya Photon ini. Kalau diganti dengan gambar lain biasanya butuh waktu beberapa jam baru direplace dengan yang baru.

  4. tadinya sudah hanya saat sekarang ini sering 502 jadi tak balikin normal lg, sementara pake incapsula lumayan speed cepet stabil dibawah 3 detik test pake pingdom sama gtmatrix,,,cuma masih bingung nih buat modif font dari cdn saya pake joomla framework gantry 5 kalo saya test lumayan lelet pas ngambil font di origin server, kemungkinan klo font dari cdn bisa makin cepet, saya baca disini sampe berulang2 masih ga mudeng pake font cdn,,

    Balas
    • Kenapa dengan CDN untuk fontnya? Saya sih kalau bisa dilayankan dari websitenya. Memang makan bandwidth tapi ya minimal,tidak ada DNS lookup yang tidak perlu. Ini menambah waktu render konten soalnya. Kecuali CDN yang digunakan seperti di Google yang biasanya sudah dicache oleh browsernya.

Tulis komentar...