Cara menghapus akun Netflix

Advertisements

Netflix, layanan streaming video berbayar yang cukup populer di Indonesia saat ini karena banyak judulnya disebut-sebut influencer Instagram dan TikTok. Apalagi sejak sudah dibuka blokirnya oleh IndiHome dan Telkomsel membuat banyak masyarakat umum tahu banyak film independen yang sangat-sangat menghibur atau menambah pengetahuan.

Kalau film atau drama mainstream dari studio Hollywood atau Korea Selatan membuka ketertarikan untuk berlangganan, maka konten buatan Netflix secara mandiri yang bisa bikin penontonnya memiliki pengalaman tak terlupakan.

Karena itu tidak salah sering digaungkan seleb media sosial walaupun tidak disponsori, ya memang bagus. Sedangkan kompetitor seperti WeTV, Iflix, YouTube Premium dan sebagainya masih mengejarnya baik dari segi banyaknya konten juga kualitasnya.

Menghapus profil Netflix

Tunggu sebentar, jangan buru-buru. Mungkin yang anda ingin lakukan adalah menghapus profil di Netflix. Seperti kita tahu, satu akun Netflix bisa menggunakan sampai dengan 5 buah profil berbeda. Jadi suami, istri, pacar, anak, orang tua, teman, tetangga dan tamu bisa sendiri-sendiri menikmati streaming film kesukaannya.

Karena nanti mesin rekomendasi akan bergantung kebiasaan profil penonton yang aktif. Drama Korea istri tidak akan tercampur dengan genre horor suami atau animasi untuk si kecil. Alasan lain untuk menghilangkan profil yakni membersihkan riwayat tontonan karena privasi.

Advertisements
  1. Dengan menggunakan browser, buka link ini: https://netflix.com/EditProfiles
    Tentu saja silahkan login apabila belum.
  2. Kemudian pada foto profil yang ingin dibuang, klik saja.
  3. Pilih Hapus Profil.
  4. Selesai.

Semudah itu, dan di aplikasi Android maupun Apple langkah-langkahnya bisa diadaptasikan.

Menghapus akun Netflix

Kita sudah niat dan yakin untuk menutup akun Netflix secara permanen. Bisa jadi karena ingin berhenti bergantung ke Netflix, adanya layanan streaming video ini membuat pekerjaan sehari-hari tidak selesai karena lebih asyik nonton. Jadi dibalik kesenangan berakibat bumerang karena tidak bisa fokus lagi pada hal yang lebih penting dalam hidup.

Atau disebabkan isu sensitif perkara privasi data pribadi pengguna layanan online. Apapun alasannya, semuanya valid dan keputusan ada di tangan anda.

  1. Untuk membatalkan akun Netflix silahkan akses url berikut: https://www.netflix.com/CancelPlan
    Jangan lupa masuk dulu ke akunnya.
  2. Silahkan konfirmasi ingin menghapus akun.
  3. Selesai.

Ya sangat gampang juga prosesnya.

Advertisements

Tapi, berdasar kebijakan Netflix, data pribadi yang ada di akun masih tersimpan selama 10 bulan sejak pengajuan. Ini termasuk aktivitas menonton, riwayat tontonan, video favorit, rekomendasi, antrian video, rating dan detail akun. Baru setelah jangka waktu tersebut akan otomatis dihapus.

Bagaimana kalau ingin lebih cepat diproses penghapusan data pribadi? Anda perlu mengirimkan surat elektronik ke [email protected], menggunakan alamat email yang terdaftar di akunnya.

Saya berubah pikiran

Ternyata setelah mengajukan penghapusan akun dirasa ada yang kurang, aktivitas hiburan terbatas, ngegame terlalu menghabiskan tenaga. Maka tidak salah menonton film adalah kegiatan pasif yang bisa menghibur.

Mungkin kekhawatiran anda bagaimana nasib riwayat tontonan dan drama yang disukai apakah hilang semua. Dan perlu mengulang dari awal? Ya, kabar gembiranya kita bisa memulihkan akunnya. Selama belum 10 bulan dan anda tidak mengirimkan email agar segera dibumihanguskan informasi akun anda.

Bagaimana caranya mengaktifkan ulang akun Netflix? Gampang, tinggal buat akun lagi dengan data yang sama dan nanti akan otomatis dikenali.

Advertisements

Tinggalkan komentar