Kenapa muncul CAPTCHA di Google?

Pernah mengakses Google atau sedang mencari hal – hal tertentu menggunakan mesin telusurnya tapi tiba – tiba muncul halaman CAPTCHA? Ya, sejak saya berpindah dari Telkom Speedy ke Innovate bisa dikatakan agak sering mendapatkan halaman ini dari Google. Kalau anda mengalami hal ini janganlah bingung tapi patut tahu apa penyebabnya.

Kalau diperhatikan tepat diakhir halaman akan dituliskan alasannya yaitu “Our systems has detected unusual traffic from your computer network. This page checks to see if it’s really you sending the request, and not a robot.“. Kemudian disusul alamat IP, waktu terjadinya dan url pencarian google.
google-search-captcha
Singkatnya aktivitas anda dianggap tidak normal bahkan diasumsikan adalah bot bukannya manusia, tapi masalah ini terjadi belum tentu salah anda sendiri, komputer atau handphone anda. Karena itu anda diminta mengisikan CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) untuk memverifikasi identitas pengguna situs Google. Dari pengalaman saya ini sebagian besar disebabkan alamat IP publik yang anda gunakan bermasalah dan biasanya termasuk dalam daftar blacklist.
ipvoid-ip-address-information

Blacklist ini didapatkan dari aktivitas mencurigakan dari alamat IP tersebut, karena sifatnya adalah dinamis maka ini bisa disebabkan dari pengguna sebelumnya. Kegiatan yang termasuk kategori bermasalah adalah spam, hacking, DDoS, bot, dan sebagainya.

Bagaimana cara mengatasinya? Scan komputer anda menggunakan antivirus pertamanya. Tapi terus terang kalau anda hanya pengguna internet biasa lebih baik restart modem anda agar diberikan alamat IP baru yang semoga saja bersih. Melaporkan ke ISP anda bisa saja tapi akan membutuhkan waktu lama dari pengalaman saya untuk mendapatkan hasilnya.

Tulis komentar...