Mengatasi warna layar Android menjadi gelap

Last Updated on Desember 14, 2020

Sudah beberapa kali saya membahas masalah warna layar Android: negatif film, abu-abu dan keoranyean. Kali ini saya menambahkan satu lagi perilaku gadget berbasis Android yang kadang tidak disangka. Pernah mengalami layar hp tiba-tiba sedikit menjadi gelap? Atau menjadi sedikit oren?

Belum tentu ini masalah hardware dan perlu ganti LCD. Bisa dites, saat layar menjadi lebih gelap coba tingkatkan tingkat kecerahan layar (brightness). Kalau bisa, berarti normal dan salah setting saja penyebabnya.

Dan dari pengalaman ini masalahnya sepele apabila ciri-cirinya diatas, yakni baterai anda sekarat dan hp Android otomatis masuk ke mode hemat daya. Dan ini biasanya ngefek ke setting warna layar supaya tidak boros.

Cara mematikan Power Saving:

  1. Akses Settings.
  2. Kemudian Battery.
  3. Di dalamnya ada opsi Power saving/Hemat daya. Matikan saja.
  4. Mestinya warna layar akan kembali lebih terang, sesuai awal.

Normalnya, saat hp dicas dan sudah masuk 60% keatas akan kembali seperti sedia kala. Tapi entah kenapa dengan hp Realme 3 Pro saya, begitu lowbat ternyata sampai full cas ya tetap saja di mode power saving. Jadi harus dimatikan manual. Saya sadarnya karena sedang hemat daya maka aktivitas aplikasi di background jadi tidak normal, seperti pesan WhatsApp telat dan notifikasi-notifikasi lainnya. Ada yang sama?

Tinggalkan komentar