Mengatur kekuatan sinyal WiFi modem

Last Updated on Mei 5, 2015

Modem dengan fitur WiFi sudahlah menjadi standar sekarang apapun ISP yang anda gunakan, karena itulah kita dapat dengan mudah mengakses internet dari mana saja dalam rumah. Tapi tentu saja ada batasan jangkauan tergantung kekuatan sinyalnya. Kalau ada lokasi tertentu dari tempat anda tinggal atau bekerja tidak mendapatkan kualitas sinyal yang baik langkah pertama segera cek setting modem anda.

Kenapa? Hal ini baru saya dapati saat berusaha mempelajari kenapa sinyal hotspot di rumah tidak sampai ke belakang dan lantai 2, walaupun ada tapi sering tidak terdeteksi atau tidak stabil. Sempat saya berpikir menyambungkan dengan modem WiFi lain untuk berfungsi sebagai repeater tapi ternyata ini belum tentu diperlukan.

Saat saya mengecek setting modem ADSL saya TP-LINK TD-W8151N dan Huawei HG532e pemberian Telkom Speedy (sekarang IndiHome) yang ternyata entah kenapa konfigurasi defaultnya dalam kekuatan sinyal kok cukup rendah atau tidak dimaksimalkan, mungkin biar tidak sampai ke tetangga.

Jadi pada halaman administrasinya cari setting untuk Wireless atau WLAN. Kalau di TP-LINK biasanya di Interface Setup > Wireless pada bagian Access Point Settings dan Huawei di Basic > WLAN > WLAN pada Wireless Settings. Saya sertakan gambarnya biar tidak bingung apa yang saya maksudkan.

tp-link-td-w8151n-access-point-settings

Nah… di TP-LINK dan Huawei ada konfigurasi bernama Transmit Power, inilah yang menentukan kekuatan sinyal WiFi yang dipancarkan oleh modem anda. Silahkan diubah ke Medium atau High di TP-LINK atau isikan dengan angka maksimal (20dBm) yang diperbolehkan di Huawei. Mungkin di merek modem lain bahasanya mirip tapi cara mengaturnya agak berbeda.
huawei-hg532e-wireless-settings

Hasil uji coba saya setelah mengubah settingnya bisa dikatakan agak lebih baik kalau dicoba dari lokasi yang paling jauh dari modemnya dalam rumah, tampaknya memang keterbatasan kemampuan modem tapi setidaknya tidak putus – putus lagi walaupun cuma 1 bar saja koneksinya.

Selanjutnya kalau anda ingin lebih jauh maka bisa mencoba membeli penguat sinyal WiFi, repeater, antena tambahan dan sebagainya. Tapi setidaknya coba cek dulu konfigurasi modem anda untuk menghemat biaya karena tanpa membutuhkan alat tambahan.

Semoga bermanfaat. 😉

47 pemikiran pada “Mengatur kekuatan sinyal WiFi modem”

Tinggalkan komentar