LOADING

Type to search

Network

MyRepublic: Internet cepat, harga murah ada tapinya

Saya mendapatkan kabar kalau ada ISP baru masuk di Indonesia menawarkan kecepatan internet yang istimewa dengan harga murah bernama MyRepublic per 1 Juli 2015 kemarin. Kalau dari namanya memang nama ini sudah besar di Singapura dan New Zealand, setidaknya bisa jaminan kualitas kalau mereka benar – benar baru di Indonesia. Ya, sejatinya ini adalah nama baru dari Innovate (milik Sinarmas) yang bekerja sama dengan MyRepublic.

Yang saya bicarakan bukan review layanan MyRepublic karena walau ini cuma Innovate Indonesia (dulu Cepat.net) yang berganti nama dan secara jaringan fiber optic yang digunakan juga tidak berubah tapi kemungkinan ada perbedaan kualitas layanannya dalam beberapa bulan setelahnya. Sekarang masih masa transisi, jadi saya baru akan menuliskan pengalaman menggunakan MyRepublic dalam beberapa bulan kedepan.

Nah… MyRepublic ini menawarkan harga yang sangat menggoda untuk kecepatan koneksi internet yang sangat cepat. Cuma butuh Rp.299.000 untuk mendapatkan kecepatan 100 Mbps. Tapi masih terhitung jauh lebih murah daripada IndiHome di kota Malang. Kalau anda butuh yang lebih murah maka ada yang 10 Mbps dan biaya berlangganannya cuma Rp.199.000 per bulan. Selengkapnya bisa anda baca sendiri di halaman Tarif MyRepublic, harga yang tercantum belum termasuk PPN 10% dan biaya administrasi Rp.5.000.
myrepublic-harga-internet-tv-kabel

Sayangnya coverage area mereka masih terbatas dan umumnya ada di lingkungan perumahan, tapi setidaknya di situsnya kita bisa mengecek sendiri apakah rumah, toko atau kantor sudah masuk belum jaringannya pada halaman order. Kalau saya perhatikan memang secara bertahap sudah bertambah daerah yang didukung MyRepublic.

Selanjutnya adalah kesan singkat selama menggunakan Innovate (MyRepublic). Kekurangannya yang sering dirasakan saya dan pengguna lainnya dengan kecepatan fantastis adalah kadang terjadi ketidakstabilan koneksi internet. Seringkali tiba – tiba terputus sesaat koneksinya, dan ini saya dapat laporan dari salah satu pengguna Innovate dan sudah saya amati sendiri kejadiannya dengan memantau nilai ping. Bahkan 2 mingguan ini setiap pagi internet saya mati dan baru bisa digunakan sekitar jam 7an, mungkin karena adanya perubahan manajemen sejak berganti nama sehingga mulai diutak – atik setting jaringannya dari pusat.

Sumber gambar: Mas Sudirman di Malang

Sumber gambar: Mas Sudirman di Malang

Yang bikin jengkel adalah DNS Server milik mereka kadang mati selama beberapa jam, jadi kita bisa mengakses dengan alamat IP (siapa yang hapal alamat IP Google hayooo?) tapi menggunakan alamat website otomatis not found.

myrepublic-dns-server-mati

Ini masih ada cara mengakalinya dengan memakai DNSCrypt supaya dialihkan menggunakan DNS server lainnya, kalau kita tidak memakai ini maka semua traffic DNS akan dibajak untuk blokir konten (Internet Sehat/DNS Nasional),  Transparent DNS Proxy istilah teknisnya.

Terakhir adalah mengenai customer servicenya. Saya cuma bisa berharap anda tidak mengalami masalah terhadap koneksi internetnya, jika sudah mengalami pasti sudah paham frustasinya komplain dan yang diajak ngomong tidak seberapa paham akan kendala teknisnya. Pasti diminta restart modem sebagai solusi pertama. 🙁 Tidak salah sih… karena memang kadang konfigurasi modem bisa bermasalah dan perlu direstart agar normal kembali. Tapi ya masa setiap kali mengatasinya seperti itu.

Semisal kita ajak bicara customer servicenya dengan hal – hal teknis biasanya langsung terlihat tidak nyambung, jadi tampaknya lebih baik digunakan untuk konsultasi masalah billing (saya masih belum bisa membayar tagihannya dengan transfer BCA sampai bulan ini, jadi terpaksa datang ke kantornya untuk melunasi) atau pertanyaan mengenai kondisi jaringan secara umum. Lain lagi kalau anda ingin mendatangkan teknisi untuk troubleshooting lebih lanjut, kalau dulu pertama kali berlangganan dan minta teknisinya datang bisa menunggu sampai 2 minggu maka sekarang sekitar 3 hari. Sudah ada perbaikan kualitas lah. 🙂

Yang saya cari sekarang dari MyRepublic adalah SLA (Service Level Agreement) karena Innovate tidak memilikinya, ini fungsinya adalah kualitas layanan minimal yang dijamin oleh mereka – biar memastikan pelanggannya akan mendapatkan apa bukan hanya dari brosur marketingnya yang pastinya berbeda dengan kondisi di lapangan.

Kesimpulannya? Berdasarkan pengalaman menggunakan Innovate sebelumnya dan baru beberapa hari menjadi MyRepublic ini secara kualitas tidak ada perbedaan. Saya yakin kedepannya tidak ada perubahan jauh, harapannya tidak lebih buruk lah. Masih bisa ditoleransi kekurangannya. Tetap saja internet kencang, harganya pun jelas sangat meringankan kantong. Cuma masalah kestabilan koneksi dan pelayanan pelanggan yang perlu ditingkatkan. Soal bagaimana TV Kabelnya saya tidak bisa berpendapat banyak karena sangat jarang saya gunakan, streaming video sudahlah cukup. Tapi selama ini normal saja kok, walau ada yang memberitahukan ke saya kalau digunakan bisa mempengaruhi kecepatan internet.

Secara pribadi saya tetap merekomendasikan layanan mereka, soal masalah – masalah yang terjadi masih dalam batas wajar – ISP mana sih yang tidak ada kekurangannya? 😀 Semoga masalah yang diwariskan Innovate ini bisa segera diperbaiki. Secepat – cepatnya Internet Rocket (kata mereka) kalau tidak stabil ya jatuh juga roketnya. 😛

Oh ya kalau anda mau berdiskusi atau mengetahui kabar terbaru mengenai MyRepublic bisa gabung di forum ISPnesia: http://ispnesia.com/


Update, saya sudah membuat review baru setelah setengah tahun berlangganan: http://utekno.com/myrepublic-internet-hebat-harga-hemat-12412

Tags:

680 Comments

  1. Naufal Juni 9, 2016

    oooh begituu, dapet 39mb broo, ini ane coba download di ganool tv ukuran 500mb transfer rate nya cuman 1,1mb aja.

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 10, 2016

      Dan ternyata anda tidak sendirian mas, minimal 3 orang lah yang serupa: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.msg1521#msg1521

      1. Naufal Juni 14, 2016

        haduuuuh pantees laah, udah tlpn CS , email juga udah tapi kok ga ada perubahan -_-

        1. Chandra Utama Juni 16, 2016

          Sampai saat ini saya masih belum tahu penyebabnya apa, apakah per sesi/koneksi dilimit 1MBps? Soalnya kalau torrent yang banyak koneksinya bisa maksimal ambil bandwidthnya, tapi kalau direct download langsung loyo. 🙁

          Sudah komplain juga dan belum ada jawaban yang memuaskan. Tanya marketingnya ya sama – sama ga paham. Haha. 😀

          Soal email… pengalaman pribadi baru dijawab 1 bulan kemudian mas. Ditelpon juga setelahnya.

      2. Naufal Juni 14, 2016

        ini lagi kalau pas download kadang ada “This site cant be reached” itu cara fix nya gimana? pusing ane ngrasain

        1. Chandra Utama Juni 16, 2016

          Haha… klasik ini mas. Masalah DNS server milik MyRepublic ga beres, cukup sering terjadi. Beberapa situs langsung tidak bisa diakses.

          Pakai VPN mas.

  2. dzulfikar Juni 13, 2016

    ini udah 2 mingguan saya mengalami penurunan speed internet dari my republic,anehnya pas di cek di speedtest itu full speed,tapi kenyataannya saat digunakan untuk mendownload ataupun browsing yang lain speednya mentok di 1 mb ,ini kenapa ya ?

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 16, 2016

      Halo mas Dzulfikar, bukan anda sendiri saja mas yang merasakan. Anda di wilayah mana ya? Setidaknya yang di Malang dan Surabaya share masalah yang sama: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.msg1521#msg1521

      1. dzulfikar haq Juni 19, 2016

        di malang bang,sampek kapan ya ? udah sebulanan ini speednya turun,tapi di speedtest dapetnya 50 mb

        1. Chandra Utama Juni 19, 2016

          Kalau dari sharing sesama pengguna MyRepublic Malang mulai normal hari ini mas: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.180 Sedang hangat-hangatnya bahas ini soalnya dari MR sendiri ga ada beritanya.

  3. vio Juni 14, 2016

    tapi banyak situs di block. bahkan donlod eclipse dan oracle dari situsnya ga bisa. abis abisin kuota inet HP aja ni MyRepublic.

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 16, 2016

      Halo Vio, betul mas. 1-2 bulan terakhir ini seringkali tidak bisa akses situs – situs tertentu. Masalah DNS server yang kurang bagus ini. 🙁

  4. memey Juni 15, 2016

    Yang berminat untuk area malang raya silahkan bisa hubungi no/WA saya 081216866365 jangan khawatir masalah complain saya sarankan tdk hanya ke cs tapi bisa minta bantuan langsung ke marketing yang menawari.inilah kelebihan jika kita daftar ke marketing dia pasti akan membantu.jika web dia akan lama karna aturannya masih langsung ke pusat yaitu jakarta.namun jika masalah bisa ditangani langsung lebih cepat teman2 marketing langsung turun tangan.trima kasih

    Balas
  5. metrizen Juni 18, 2016

    Mohon ditanggapi|
    Wifi/ internet kami tidaak bisa buka email yahoo dan tidak bisa download
    Sudah ada yang datang ke rumah tapi menghilang begitu saja tanpa solusi

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 18, 2016

      Halo Metrizen, kok asik mas teknisinya. Haha. 😀

      Saya yakin kalau mas pakai VPN akan lancar browsing dan downloadnya. Ini disebabkan DNS server MyRepublic bermasalah mas, sporadis dalam 1-2 bulan ini seperti itu: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.0

  6. abu sofyan Juni 20, 2016

    minta info kang bro,kalau kantor yg di Sidoarjo alamatnya dmn ya? dan kalau di daerah gading fajar kira2 menjangkau gk? thanks.

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 21, 2016

      Halo Sofyan, di Gading Fajar RW 5 mas adanya. Kalau kantornya kok cuma ada di Surabaya rasanya.

      1. abu sofyan Juni 23, 2016

        gading fajar 2 kang,yang di lingkar barat
        ada ta?
        tepat nya desa Sepande.thanks bantuan infonya kang

        1. Chandra Utama Juni 24, 2016

          Cek KTP ya mas. Apa rumahnya masuk ke RW tersebut. Saya juga kurang tahu, tapi kalau dari daftar coveragenya memang tercantum.

  7. Taufik Juni 20, 2016

    selamat siang memey….
    sy Taufik, jl.Kapuas 19 mlg….
    dulu ketika br dipasang tiang innovate di samping rmh, salesnya gencar menawarkan kermh2 disekitar, termasuk ke rmh sy. krn sy sdh lama pakai speedy, jd tiap sales sy tolak. sampai suatu saat dtg lg salesx menawarkan, dgn program 1bln free, utk trial. trus sy merekom 1org teman sy, sy dpt tambahan free 1bln lg. deal…sy pasang my republik dgn program trial free 2bln. menurut pejelasan salesx,”kl nanti berkenan utk diteruskan, bpk mulai byr di bln ke-4 utk pembayaran bln ke-3 bgt seterusnya.” bln pertama setiap ada tagiihan dr my republik sy krm ke salesx, lancar….bln ke-2 tghan msk, sy krm ke salesx….macet….sampai berkali2 sy di krmi tagihan tsb…krn sy msh aktif pakai speedy, hal itu g sy hiraukan….sampai akhirnya ada pemberitahuan pemutusa jaringan…tdk masalah…..belakangan ini kami lg cr alternatif mo ganti speedy dgn yg lain….utk itu sy cb my republik dl…brgkali bisa, tp kl sy disrh melunasi tagihan2 yg lalu…jelas sy tidak mau….mungkin memey ada solusi lain….sy tunggu as soon as possible..
    thanks

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 21, 2016

      Halo Taufik, wah… mas bayarnya bukan lewat jalur resmi masalahnya. Ya tidak ada caranya mas kecuali melunasi semuanya, atau mas cari sales yang dulu buat pertanggungjawabannya.

      *Saya bukan wanita mas.

  8. Herry Juni 20, 2016

    MyRepublik saya masih mati, area depok. Kata tehnisinya, yg lain di sekitar saya gak mati, krn penyebabnya kabel di gardu yg nyambung ke jaringan saya ada yg putus digigit tikus (*facepalm*), itu dari tanggal 17 Juni 2016 yg lalu, sekarang ini tanggal 20 Juni 2016, status: Masih Mati.

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 21, 2016

      Halo Herry, eh mas mas? Kabel dari tiangnya ke rumah anda? Kalau selain itu mestinya satu wilayah kena semua.

      Mas masih ada kontak marketingnya? Coba komplain lewat sana mas.

      1. Herry Juni 22, 2016

        iya, kabel dari tiangnya ke rumah saya langsung, makanya yg saya bingung & gak masuk akal, kenapa tempat saya aja yg mati, sementara yg lainnya sekitar situ gak mati, itu kata tehnisi resminya yg datang pd tgl 17 Juni 2016 yg lalu, katanya udah dilaporin ke pusat, dan akan diperbaiki segera, tapi sampai sekarang (22 Juni 2016), masih mati, kenapa jadi kayak drama murahan ya? karena tempat saya doang yg mati (hehehe). Tapi akhir-akhir ini banyak yg komplain tuh, liat aja di facebooknya halaman review: https://www.facebook.com/MyrepublicIndonesia/reviews/ (click di tab ‘most recent’). Atau ada hubungannya dengan ini (?): https://www.techinasia.com/myrepublics-financials-revealed-positive

        1. Chandra Utama Juni 23, 2016

          Tikusnya bisa terbang mungkin mas, kan kabelnya yang ke rumah itu kecil dan langsung dari gardu ke rumah. Bingung darimana tikusnya bisa gigit. Haha. 😀

          Sedang hangat – hangatnya mas masalah MyRepublic ini, di forumnya sudah terasa ada keanehan sejak akhir mei mas: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.150

    2. ibnu Agustus 24, 2016

      sama gan punyaku hr ini juga tiba” mati katamya dr kabel itu yg warna kuning solusinya gmana yakk

      1. Chandra Utama September 20, 2016

        Kalau masalahnya kabel kuning (itu kabel fiber optic) ya minta diganti ke myrepublic mas.

  9. calvin wiranata Ng Juni 23, 2016

    Halo bro,

    saya sangat berminat, rencana nya yah kalo oke mau pake selamanya karena juga blom ada fiber provider lewat komplek saya. tapi saya check di myrepublic coverage sih deket2 saya udah ada lewat (detailnya kayak komplek saya di jepit dua myrepublic gitu).
    komplek saya daerah ruko, ada 110 ruko, saya yakin kebutuhan internet nya sangata tinggi. saya sudah telpon ke cs, tapi disuruh telpon ke kantor yg di nomor 021-24155508. Saya ngga tau extension nya maka ke operator, tapi operator nya ngga pernah mengangkat telpon saya. ada sales yg bisa saya hubungi ?

    terima kasih

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 23, 2016

      Mas Calvin di wilayah mana ya? Kalau jarak rumah/ruko yang ingin dipasangkan itu masih 50 meteran dari tiang MR masih bisa mas, selebihnya bayar kabel tambahan.

      Untuk salesnya saya cuma tahu di Malang: 0881 9109 418

      1. calvin wiranata Ng Juni 23, 2016

        Bro, aku di page lain dapet nomor 085100613814 dengan mas khalid. katanya sedang confirm ke manager nya. terima kasih atas info nya yah bisa tarik gitu. hehe biar nanti kasih dia tau aku juga rela bayar kalo tarik kabel.

        1. Chandra Utama Juni 24, 2016

          Sep mas. 🙂 Eh tapi belum tentu diterima walau bisa tarik kabel mas, apalagi kalau ga bisa ditarik garis lurus.

  10. alfian Juni 26, 2016

    Halo mas chandra…
    Mau tanya, daerah jln pangeran antasari, jakarta selatan apa sudah tercover ?

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 27, 2016

      Halo Alfian, wah… kurang tahu mas. 🙁 Bisa dicek sendiri kok: https://order.myrepublic.co.id/

  11. hasan Juni 28, 2016

    mas ada yang bisa kasih solusi ane?. ane make myrpblic buat ke pc ane make kabel rj45. koneksi buat browsing lancar. tapi tiap download di browser atau mengungjungi website download suka ga bisa. ada yang tau solusinya?

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 29, 2016

      Halo Hasan, ga bisa ini seperti apa mas? Dengan WiFi lancar jaya?

      Soalnya beberapa minggu ini DNS server MR sering bermasalah mas. Banyak situs gagal dibuka.

  12. guntur Juni 30, 2016

    mau nanya, paketan internet yg disediain myrepublic unlimited kah ? atau dibatasi dengan kuota ?

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 1, 2016

      Halo Guntur, selama ini sih belum ada kuota atau FUPnya mas. Tapi kadang masalah di kestabilannya, bisa dicek di share sesama pelanggan MyRepublic disini: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.0

  13. Sony Juli 2, 2016

    Lagi parah banget RTO nya sebulan terakhir ini. TV nya jadi ga bisa ditonton, streaming youtube juga jadi ga nikmat, main game online gak usah ditanya.

    Di websitenya juga bagian hubungi kami gak ada nomor line customer service, luar biasa sekali bukan? Saya gak tahu harus menyampaikan keluhan kemana.

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 7, 2016

      Halo Sony, wilayah mana mas? Saya cuma tahunya untuk Malang dari diskusi di forum sejak bulan Mei ada ketidakstabilan parah dan kalau ditanya alasannya ada maintenance berkepanjangan. 🙁

      Call Centernya ada di 1500 818 mas, siap – siap pulsa banyak kalau telepon. Kadang kena waiting list, sudah ga nyambung eh pulsa habis. Pengalaman pribadi ini.

  14. area Juli 4, 2016

    Internet cepat, harga murah ada tapinya
    tapi gak sampe ke tempat saya
    hahaha

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 7, 2016

      Halo Area, haha. 😀 Ya yang paling terasa memang jangkauannya masih kecil sekali. Sayang memang.

  15. pakdejack Juli 10, 2016

    malem mas.. saya lokasi di malang, di rumah istri udah cover MR. rencana mau langganan dan mau dilempar ke rumah saya via wireless. artinya saya harus invest tower triangle, radio AP dll. nah yg mau saya tanyakan, untuk kondisi saat ini gmn pelayanan MR? apakah udah ada perbaikan? atau masih tetep seperti yg mas tulis? maturnuwun sam..

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 13, 2016

      Halo Pakde Jack, pas libur lebaran sampai saat ini sudah lebih baik mas. Kalau kabar terbarunya bisa cek share sesama pelanggannya disini: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.255

  16. Kukuh Adi Juli 16, 2016

    Halo mas Chandra! Thank you ya buat sharing pengalamannya. Jadi campur aduk rasanya: seneng bakal pasang internet lagi (setelah kmrn2 pake quota terus). Tapi was was juga dengan kestabilan yg mas Chandra jelasin hehe. Makanya dari awal sudah ada sedikit tanda tanya “masa nih 299rb up to 100mb?”” Haha

    Tapi ya akhirnya saya putuskan buat pasang aja. Kemaren marketingnya pas kebetulan promo lewat rumah. Besoknya langsung konfirmasi dan hari ini pasang (belum dateng juga tapi). Yang mau saya garis bawahi adalah ini salesnya minta biayanya dibayar ke dia dulu. Alasannya buat bayar teknisi dan poin. Saya bilang aja kalo kata kantornya bayar di Indomaret. Jadi ya mungkin hal hal kayak gy perlu dicermati juga ya. Saya baca comment di atas ada jg ternyata yang salesnya minta transfer seperti itu.
    Yaudah maaf kepanjangan commentnya hehe. Thank you!

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 18, 2016

      Sama – sama mas Kukuh. 🙂 Memang bisa dan stabil di angka bandwidth sesuai paketnya kok mas. Cuma akhir – akhir ini di wilayah Malang tidak stabil pada jam – jam sibuk. Bisa dibaca sharing pengalaman pelanggannya disini: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.255

      Mungkin kalau mas di wilayah lain bisa ikut nambahin apa sama nasibnya. 🙂

      Saya cuma pernah bayar di sales pas pertama kali mas, buat tanda jadi kalau ga salah.

  17. Haris N Toro Juli 17, 2016

    *(Maaf bru on lgi)
    Sekiranya dri agan” mengalami kendala yg sudah sulit di handle, kemungkinan sya dpt memberikan info nomor WA CS pusat, cukup WA sya dan jika sya sdang ON, sya akan memberikan nomor tsb..

    Sekiranya tuk pemasangan baru di lokasi area perumahan/cluster BSD, Pamulang dan sekitarnya, sya dapat bantu scepatnya dipasangkan inet tsb di nomor..
    087771110666 Haris N Toro (WA)
    Terimakasih..

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 18, 2016

      Kalau sudah pasrah gimana mas Haris? Haha. 😀 Kok sering ga stabil ya sekarang pas malam – malam mas, apa di wilayah anda beda?

      1. Haris N Toro Juli 29, 2016

        Disaya enjoy saja mas, tuk solusi jika lemot saya langsung WhatsApp CS pusat mas, dan nanti terlihat trouble tiket di note dalam system MyRepublic, dan tidak lama akan ada perbaikan, selain itu tuk mengantisipasi lemot, /3 hari saya matikan dan hidupkan kembali mas, menjaga agar cache di modem tidak menumpuk.. ??

        1. Chandra Utama Agustus 2, 2016

          Lain mas kasusnya, ini murni baru nyala dan sudah kacau pingnya. Kalau buat browsing atau download sih ga seberapa kerasa. Dan berlangsung intermiten sejak akhir Mei sampai awal Juli, lebaran baikan karena sepi pengguna mungkin. Kenalan saya saja sampai ikut pasang First Media soalnya terlalu parah ga bisa buat game online.

  18. Abeng Juli 25, 2016

    Mas dekat rumah ku ada Tiang Innovate berjarak 70M nah masalahnya tiang Innovate itu ada di Komplek bawah sedangkan kampung aku ada di atasnya, kira kira bisa di tarik ke atas gk yah?
    ini Gambarnya mas
    https://s31.postimg.org/8800b2m8b/IMG_20160722_164117.jpg

    Rumah saya ada di pemukiman atas

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 28, 2016

      Halo Abeng, seingat saya kalau dibawah 100 meter dan tidak ada penghalang dari tiang ke rumah masih bisa mas. Kecuali lewat rumah orang, ini banyak ga bolehnya.

    2. Haris N Toro Juli 29, 2016

      Jika alamat kediaman agan Abeng tidak ada di system marketing memang benar bisa ditarik kabel hingga lokasi kediaman agan.
      Masalahnya jika ada kendala LOS merah menyala di modem (ONT) agan, otomatis teknisi harus turun tangan ke lokasi dan mencari kediaman agan, jika ketahuan tentang tarikan kabel diluar covered area di system Marketing, maka Marketing tsb bisa terkena sangsi berat gan.

  19. [email protected] Agustus 1, 2016

    nahh … di perumahan saya baru saja pasang tiang sama kabel2nya … semoga sesuai yang diiklankan … tapi saya baca sampai akhir kok kelihatannya komplain semua ^_^ .btw perumahan saya di omaview malang

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 5, 2016

      Oh itu wilayah baru ya mas. Komplain itu wajar kok mas, setiap ISP pasti ada masalahnya. Tinggal bagaimana mereka menanggapinya dan usaha apa yang dilakukan. 😀

      Tapi sekarang lebih mendingan kok dibandingkan 2 bulan lalu. Mas bisa ikut share pengalamannya disini kalau mau: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.255

  20. T Agustus 4, 2016

    Kalo masalah perbaikan cuman suru restart modem, si humu juga gitu kok, padahal ane udah ngasihtau kalo masalahnya itu bukan dari modem ke si humu, tapi dari si humu ke luar, tapi mereka malah ngotot sampe dateng ke rumah buat resatr modem, dan setelah resart, dan nggak ada perubahan setelah itu mereka cuman bilang, coba tunggu, dan disuru konfirmasi kalo gangguan dah beres, hari demi hari ane tunggu, hasilnya nihil, sampe suatuhari ane dapet panggilan dari cs humu, suru di tutup permasalahannya, padahal masalahnya belum beres sampe sekarang, dan sekarang harga si humu naik, tanpa ada perubahan kualitas, f*ck this s*it im out

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 10, 2016

      Halo T, haha… teknisinya datang cuma buat restart modem mas? 😀 Konyol memang dan sangat meremehkan pelanggan kalau gitu saja dianggap tidak bisa.

      Coba pindah ke ISP lain mas, yang kecil – kecil biasanya lebih perhatian ke pelanggan.

  21. Andry Agustus 4, 2016

    Cabut wifinya bayar denda brp ya mahal bngt pasti…… gakuat udahan :’) lemot n sering gangguan alhasil jdi ngerjain skript di warnet :’) buat nntn film buferingnya mnta ampun lambaikan tangan :’)
    Bayar pertama enk agk lancar udah sminggu baru lemotnya mnta ampun … jd pgn pindah haluan ke tetannga sebelah myp***media

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 10, 2016

      Halo Andry, kalau belum setahun kena denda 500ribu mas. Dan mas di wilayah mana ya?

      Akhirnya pindah ke MNC Play Media?

  22. rohim Agustus 6, 2016

    Mau tanya mas, Myrepublic saya kok 3 hari ini bukak situs luar banyak yg gk bisa ya?
    Wikiepda ,speedtest,CNN,RT,Twitch pada gk bisa….
    Masalahnya persis kaya post yang ini ….
    http://utekno.com/koneksi-myrepublic-bermasalah-13041

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 10, 2016

      Halo Rohim, itu bukan salah anda mas. Salahkan DNS servernya MyRepublic yang sedang bermasalah. Coba pakai VPN mestinya lancar.

  23. JapsAha Agustus 13, 2016

    #Ask Mastah
    Sudah 2 hari inet my rep di rumah saya mati di karenakan lampu loss pada modemrouter blinking .
    Sudah coba restart dan plug n play kabel tidak ada perubahan .
    Klw case seperti ini kita eskalasi kemana ya ?
    Bagaimana cara penangan nya ya ?
    Dan waktu 2 hari pakai bbm dan wa tidak bisa di akses kenapa ya mastah ?

    Thanks before

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 20, 2016

      Halo Japs, kalau secara prosedur ya telepon ke call centernya mas. Tapi nyatanya lebih responsif komplain ke salesnya, kalau mas masih ada kontaknya coba disampaikan kesana.

  24. Dimaz Agustus 14, 2016

    Mas chandra klo tulisannya “no epg server” gimana? Krn intenet dan tv kabelnya tdk bisa connect ..Saya sudah buka ke stb setting lalu ke manually ip connected sih tp keluar tulisan “ethernet no connected” sdh saya copot pasang jg kabel ethernetnya tetep “no epg server”. Mohon bantuannya. Terimakasih

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 20, 2016

      Halo Dimaz, mas pasang ke ONTnya ke slot berapa? Soalnya MyRepublic pakai sistem IPTV untuk tv kabelnya dan harus dipasang pada slot tertentu itu saja.

  25. Dwi Andi Agustus 23, 2016

    Harus dipahami bahwa bandwidth yang ditawarkan adalah broadband, artinya koneksi besar, tapi bandwidth up to, artinya itu adalah kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh sambungan tersebut. Tapi orang indon khan pengennya murah tapi bisa cepat dan dipake macem2, akhirnya pemakaiannya pun seenak jidat, walhasil internet jd lemot kalo semua pake buka torrent dengan session sampe ratusan koneksi. Ya wajar aja. Kayak rumah pengen ga banjir atau mampet tapi masih pada buang sampah seenaknya, pengen ga macet tapi masih pada naek kendaraan pribadi parkir seenaknya. Jadi jangan harap dengan harga segitu akan dapat koneksi dgn kecepatan maksimal. Kalo mau kencang dan stabil ya pasang dedicated. Selama penggunaanya masih seenak jidat seperti sekarang, kalo ga di bandwidth shaping ya jebol internetnya bisa down…mikiiiiiirrrrrr…

    Balas
    1. Chandra Utama September 19, 2016

      Yup, memang harus paham dulu akan produk yang dibeli mas. Jaminan untuk kelas residensial itu memang bandwidthnya up to, dan ini bukan masalah. Yang bisa bikin jengkel itu masalah stabilitas, kadang MyRepublic ini sering packet loss jadi main game online langsung disconnect. Padahal tahu sendiri bandwidth untuk main game itu lebih kecil dibandingkan streaming/download.

  26. Dimas Agustus 31, 2016

    gan, boleh minta screenshotnya speedtest agan ga
    uploadnya dapet berapa

    Balas
    1. Chandra Utama September 23, 2016

      Ini mas:

  27. K September 4, 2016

    gan mau nanya, untuk skrg2 ini review buat MR sendiri gimana? udh ada peningkatan? ane mau pasang MR tp masih ragu2 mau make MR atau ISP yg lain

    Balas
    1. Chandra Utama September 26, 2016

      Halo, awal tahun ini saya pernah update reviewnya: http://utekno.com/myrepublic-internet-hebat-harga-hemat-12412 tapi untuk yang lebih baru lagi mungkin bisa cek share di forum: https://ispnesia.com/index.php?board=2.0

  28. Rizky September 14, 2016

    Mas.Nih Saya Mau Nanya Kalo Di Bogor Selatan {Sentul City Udah Terjangkau Belum ? Sya Tinggal Di Desa Cijayanti , Babakan Madang Jl.Parung Aleng No.65 Saya Tanya Ke Costumer Service nya Tidak Di Jawab Mohon Bantuan Nya Ya Mas Chandra ?

    Balas
    1. Chandra November 23, 2016

      Halo Rizky, saya hampir yakin masih belum dicover mas. 🙁

  29. Rey September 23, 2016

    Permisi gmn caranya pengajuan pemasangan myrepublic di daerah rumah saya yah soalnya daerah rumah saya blm tercover sedangkan di RW sebelah sudah. Jadi sedih saya masa di RW saya engga ke cover sama myrepublic.

    Balas
    1. Dani Oktober 5, 2016

      Daerah mana mas yg mau ajuiin nya ?

    2. Chandra Desember 12, 2016

      Ini tergantung RT/RW anda juga mas, soalnya pemasangan tiang itu atas persetujuan mereka dan warga. Kalau mas bisa dapatkan persetujuan sejumlah warga maka bisa ajukan langsung ke MyRepublic setempat.

  30. Yusuf Oktober 6, 2016

    Ada yang ngerasain speed drop? ini biasanya bisa jalan 1.6mb stabil skrng jadinya cuma 300kb, daerah Malang Joyogrand

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 6, 2016

      Halo Yusuf, satu hari penuh atau cuma jam – jam tertentu mas? Yang sering saya alami itu pada jam – jam sibuk agak terbatas bandwidthnya, dan kalau dibuat ngegame kadang packet loss.

  31. Dika Oktober 14, 2016

    bapuk lah embel embel internet kenceng grgr MR warnet jadi sepi karna sekarang terkenal lemotnya mending make IH lagi dah

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 14, 2016

      Masalah latency ya mas? Warnet game? Lokasi mana mas?

      1. Dika Oktober 14, 2016

        ciledug mas

        1. Chandra Utama Oktober 15, 2016

          Oh saya kira di Malang juga. Idem kok mas, yang koneksi buat game memang agak kacau. Ada yang share sampai pindah ke First Media di forumnya: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.270

          Kalau bandwidth memang kenceng, tapi kalau soal latency dan stabil (game butuhnya ini) memang kerasa kurang.

  32. didik bekasi Oktober 23, 2016

    sekedar buat pengalaman saja, saya pelanggan dari my republic, saya berlangganan untuk yang paket GAMER 1:1 150 Mbps dalam brosur, setelah saya memasangnya, saya test speed saya hanya mendapatkan 96 Mbps itu pun 1 : 2, saya tanya ke marketingnya katanya akan segera di stabilkan untuk paket yang gamer 150 Mbps full ” JANJINYA” dan marketing itu pun memohon dan meminta tolong untuk saya segera membayarkan tagihannya kebetulan itu sudah akhir bulan, katanya klo tidak di bayarkan insentif dia nggak di bayar, karena saya kasian saya bayar itu tagihan senilai 443.900 untu paket yang GAMER, tapi marketing tersebut saya telp telpon.. katanya di usahakan usahakan sampai sekarang nggak ada kabar sama sekali, sampai akhirnya saya datangnkan maintenance saya sendiri, ternyata masalahnya di routernya yg kapasitas router tersebut maksimal hanya 100 Mbps, saya telp marketingnya udah, saya telp leadernya udah, dan saya email ke cs my republic ampe bosen dan sama sekali nggak ada tanggapan dari sananya
    ” jadi buat pengalaman teman2 klo paketnya blm di terima full sesuai paket TIDAK USAH DI BAYARKAN DAHULU PEMBAYARAN BULANANNYA” dan untuk telp csnya maintenancenya ribet berbelit belit suruh cek sana sini sendiri ngabisin pulsa malah bikin jengkel sendiri.

    Balas
  33. Yana Oktober 24, 2016

    Mas, apa MR sudah mencakup Kecamatan di Kabupaten Malang ya?

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 24, 2016

      Halo Yana, tergantung di Malang mananya mbak. Bisa dicek disini kalau mau: https://ispnesia.com/index.php?topic=6.0

      1. Yana Oktober 24, 2016

        Terima kasih atas sarannya mas. Sukses selalu.

  34. Eko Oktober 26, 2016

    Om chandra,klo ane mau pasang MR di sidoarjo tepatnya di desa ngelom,kecamatan taman.Sdh bisa blom ya.mksh

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 27, 2016

      Halo Eko, tampaknya masih belum dicover mas.

  35. eky Oktober 27, 2016

    mass oii bang udah seminggu lebih ini ntn youtube patah2 pdhal udh join yg 100 mps pass gua cek ternyata cuman dpt 40 ,bps nah y 60 nya kemana ituuu…
    smnggu lebihh bgini

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 27, 2016

      Mas Eky di wilayah mana ya? Dan jangan lupa kalau speednya itu up to, pasti dijawab begitu kalau komplain.

  36. wisnusaputro Oktober 28, 2016

    mautanya mas kalausolo apakah sudah bisa? tepatnya wonogiri

    Balas
  37. violets November 8, 2016

    Mas, mau tanya. Kenapa wifi myrepublic di rumah saya g bisa ya. Padahal di modemnya semuanya nyala berwarna hijau. Dan bisa tersambung ke android. Tapi ketika digunakan, sama sekali g bisa. Itu kenapa ya ?

    Balas
    1. Chandra November 8, 2016

      Halo Violets, tidak bisa digunakan ini pada semua perangkat? Laptop dan handphone sama saja? Maksudnya tidak bisa browsing semacamnya kan? Ada pesan errornya di browser?

      Sudah coba:

      1. ping 8.8.8.8 keluarnya apa?
      2. ping google.com keluarnya apa?
      3. tracert 8.8.8.8 hasilnya?
  38. raynaldo November 8, 2016

    Gan ane terlanjur register via onlinenya, tapi ane pikir2 lagi ga jadi. Itu biasanya mereka konfirmasi lagi ke kita kan ? Takutnya tiba – tiba nongol di rumah terus minta duitnya langsung. Wkwk

    Balas
    1. Chandra November 8, 2016

      Halo Raynaldo, aman mas. Nanti akan dikonfirmasi dulu sama marketingnya baru diproses. 😀 Terlanjur datang ya silahkan tolak, kan masih free instalasi promonya.

      1. NanangQ November 13, 2016

        Gan sy pelanggan baru myrepublic, knp klo pake laptop susah konek ya, di browser cuma muter2 aja. Tp kalau pk hp malah lancar jaya? Jd bingung tolong bantuannya

        1. Bagaskara November 13, 2016

          Mungkin driver wlan mu bermasalah mas wkwkwk

  39. Kirito November 14, 2016

    Gan mau nanya gan daerah tangerang selatan kecamatan pondok aren udah tercover belum yah?
    Soalnya ane bingung di web myrepublicnya cara lihat coverage areanya

    Balas
    1. NanangQ November 14, 2016

      Bagaskara tp kemarin sy pake speedy bisa mas, ini malah ga bisa, apa beda settingan ya? Tutor settingnya gmn ya 🙁

    2. Chandra November 17, 2016

      Berdasarkan alamat atau perumahan mas ngeceknya. Tapi paling mudah ya langsung saja isi form berlangganannya: https://myrepublic.co.id/form-berlangganan/

  40. Indiarto November 19, 2016

    Saya pelanggan my republic 1092998, sdh 3 hari ini koneksi mati, sdh bicara dgn CS, tapi nggak ada hasil jya. Makanya hati2 kao langganan my republic, awal nya saja bagus, belakang2 nya buruk, respon nya lambat. Kecepatan internet tidah sesuai dengan yg mereka tawarkan.
    Rencana kalo ngga kelar2 ini mau saya ganti Indie Home mumpung ada paket promo

    Balas
    1. Chandra November 19, 2016

      Trims share pengalamannya. Di wilayah mana ya mas? 2 bulan kemarin di Malang juga sempat terjadi kasus yang sama, kompensasinya diskon billing 50%

  41. vio November 20, 2016

    lokasi saya di surabaya. pake paket NOVA 100Mbps download 50Mbps upload tapi dapetnya 2.86Mbps download 25.74Mbps upload.
    pernah juga pembayaran entah kenapa kurang 100rupiah dan langsung dimatikan dari pusat tanpa konfirmasi. kebetulan pas ada pembetulan di wilayah saya, saya kira belum selesai, tapi kok sampai 2 minggu lebih. eh ternyata… boleh bilang kampret ga?

    Balas
    1. Chandra November 20, 2016

      Loh… idem dengan yang di Malang kalau begitu: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.435 Makanya langganannya langsung downgrade ke Basic yang 30 Mbps karena jarang bisa maksimal. Kalau tanya dijawab upto soalnya.

      Wah sekarang sadis ya billingnya, dulu saya pernah kurang 17ribu tapi langsung digabung ke bulan berikutnya.

  42. francescotorino November 20, 2016

    gan bisa tolong cek kin jaangakauan isp di daerah duri Utara di jln.trikora 2no33 rt7rw5 duri Utara Tambora dekat toko ika di Google maps ada yang di sekitar itu ngak pake tarik kabel dan total biaya perbulan nya murah(dibawah 250ribu) pengen nya sih dari Biznet udah pernah coba kenceng

    Balas
    1. Chandra November 21, 2016

      Waduh… saya ga tahu mas kalau sudah diluar Malang. Di MyRepublic: https://order.myrepublic.co.id/ , First Media: http://firstmedia.com/ro/subscribe/cek-area-layanan dan Biznet Home: http://www.biznethome.net/en/coverage-area/ sudah dicek?

      Tapi kalau kriterianya murah ya cuma tinggal MyRepublic dan Biznet Home.

  43. Novia November 22, 2016

    Sekarang my republic lemot bgt, bikin jengkel loading video di instagram aja bufferingnya ampun lama kali. Kemarin tmn didatangi teknisi eh katanya suru pasang alat apa gitu biar cepet asal mau bayar 3 jutaan. Buset. Apa copot aja nih wifi ganti lain.

    Balas
    1. Haris N Toro November 23, 2016

      Dear gan Novia.

      Saya sarankan jika menggunakan Instagram di Android agar aman tidak lag, coba download betternet lalu aktifkan, jika sudah aktif, coba dicek aktifkan Instagramnya gan ya..

      Haris N Toro
      Marketing dan master Dealer area Tangerang.
      087771110666 (WA)

    2. Chandra November 23, 2016

      Halo Novia, mbak di wilayah apa? Dan alat apa tahu namanya mbak? Setahu saya belum ada perangkat tambahan yang semahal itu, mungkin router ya. Dan semoga bukan oknum yang memanfaatkan kesempatan.

  44. angger rahmat wicaksono Desember 8, 2016

    maen wot menyiksa ga bro 🙂

    Balas
    1. Chandra Desember 8, 2016

      Mas di wilayah mana? Bisa cek share pemain World of Tank disini: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.msg3140#msg3140

  45. nikko Desember 15, 2016

    haloo Mas,sy di Reni Jaya RW.06 sy udah langganan Myrepublic dan skrg masih berlangganan kebetulan sy mau renovasi rumah dan mau diputus dulu myrep saya,apa Pinalti bakal berlaku kalo melakukan pemutusan nanti ..??
    saya udah abis 50rb pulsa buat nelpon CS dan banyak birokrasi nah,salesnya ditanyain juga udah katanya udah keluar .
    mohon dibantu .

    terimakasih

    Balas
    1. Chandra Desember 15, 2016

      Halo Nikko, setahu saya yang bisa cuti langganan itu cuma First Media mas. Dan kalau mas putus sekarang tampaknya bakal kena denda. Sekarang sedang saya konfirmasikan ulang.

  46. Ediws Desember 16, 2016

    Halo semua, sy berlangganan MR sejak Feb 2016 di surabaya, smp skr cukup lancar meski kadang ada info klu koneksi terganggu krn maintenance dll.
    Untuk yang punya masalah test speed yg berbeda antara pakai kabel LAN dan Wifi bisa coba dgn cara merubah setting wireless mode yg defaultnya 802.11b+g+n menjadi 802.11b+g.
    Sy berlangganan paket 30MBps, modem Fiberhome, yg dulu awalnya sy jg mengalami perbedaan speed, jika pakai kabel LAN testspeed DL/UL 25/15MBps tapi kalau pakai Wifi jd turun drastis jadi 6/15MBps, tetapi stlh sy rubah setting wireless mode menjadi 802.11b+g speednya meningkat DL/UL menjadi Up To 20/15Mbps.
    Silahkan dicoba semoga bermanfaat.

    Balas
    1. Chandra Desember 16, 2016

      Trims informasinya mas Edi. Walaupun sederhana memang ngefek ke kecepatan wirelessnya. 🙂 Sekalian nambahin juga, channel WiFi kalau bisa disetting permanen di angka tertentu jangan auto. Tidak semua perangkat bisa menggunakan seluruh channelnya.

  47. yudi Desember 25, 2016

    ah salesnya pinter ngomong udh pasang bilang bs cuti skrng wifi masalah 4 hari susah banget komplennya mao putusin mybox susah bgt solusinya gmn neh terkena rayuan maut sales giliran mao stop my box susah minta ampun

    Balas
    1. Chandra Desember 26, 2016

      Mas mau cuti langganan atau salesnya yang ngeles cuti?

      MyBox ini layanan tv kabel mas? Ga bisa langsung datang ke kantornya ya?

  48. Avy Januari 2, 2017

    Mas ini saya tinggal di Malang, di joyogrand, bingung mau pasang firstmedia atau my republic. Biasanya sih dipake main game online berjam-jam. Masalahnya kalo pake my republic katanya sering RTO, kalo buat main game sih yg penting lebih ke stabilnya bukan ke kecepatannya, jadi kalo sering RTO ya rasanya menyedihkan banget.
    tapi kalo firstmedia kata tetangga yg udah cukup lama langganan lama-lama kecepatannya makin turun, selain itu sedikit lebih mahal dari my republic, jadi bingung mau pasang yang mana. Bisa kasih saran?
    Atau mungkin ada rekomen ISP lainnya hehe

    Balas
    1. Chandra Januari 2, 2017

      Kalau dari share pengguna MyRepublic disini: https://ispnesia.com/index.php?topic=34.660 lebih baik First Media tampaknya mas untuk ngegame, lebih stabil. Saya bukan gamer, condong ke browsing dan streaming jadinya tidak terlalu terasa kalau ada penurunan latency mendadak.

      Coba trial saja mas FM sebulan, bagusnya ga ada kontrak jadi tidak ada denda kalau mau berhenti kapanpun. Kalau MR nanti kena 500ribu kalau belum setahun.

  49. Vinventius Januari 3, 2017

    Saya mau sharing saya menggunakan oaket 100mbps, awal pemasangan tidak ada masalah sama sekali, dr koneksi menggunakan wifi maupun LAN kecepatan tetap berada didekat 100mbps. Dibulan oktober akhir kecepatan wifi dan LAN jadi menurun hingga 20/30mbps, awalnya saya kira paket diturunkan oleh keluarga saya jadi saya biarkan, saat awal bulan desember saya nanya, ternyata gak diturunkan, tetap pakai paket 100mbps, saya komplain saya telfon cs, dan katanya akan dibenarkan 1×24 jam, tapi selama 6 hari kecepatan masih sama, saat saya komplain ternyata dijelaskan kalau menggunakan wifi memang hanya mendapat sekitar 20-40 mbps, dan operator menyebutkan jika ingin kecepatan maksimal hrs menggunakan LAN, saya bilang kebijakan baru tp tidak diberitakan karna awal pemakaian wifi dan LAN memiliki speed yg sama, lalu operator nya malah bilang yaudah jadinya mau diteruskan atau diputus, karna tidak ada pilihan internet yg lain jd saya teruskan…
    Lalu baru baru ini saya menemukan keanehan lg, sejak awal pemasangan kalau telat tidak ada denda apapun, paling hanya diputus hingga pembayaran, lalu setelah saya telfon ternyata operator menyebutkan sudah diemail kebijakan baru, kalau telat diberi denda, tapi saya tidak mendapatkan info email..
    My Republic semakin kesini semakin ada2 saja dari operator yg tidak nyambung kalau komplain soal koneksi, hingga kebijakan baru yg tidak diberitakan terlebih dahulu ke konsumen.

    Balas
    1. Chandra Januari 3, 2017

      Waduh… kok tidak simpatik sama sekali ya csnya. 🙁 Itu berarti kecepatan LAN dan WiFi sama rendahnya ya mas?

      Kebijakan baru: ditagihkan sewa router per Januari ini ya? Saya juga kecewa aslinya, dulu dijanjikan gratis dan malah diunggulkan dibanding pesaingnya karena tagihannya sudah include semuanya.

      Saran saya downgrade saja ke paket terendah daripada rugi mas, yang 30 Mbps.

      1. Yayi Januari 11, 2017

        Nah ini yg bikin kecewa. Mereka yg ganti vendor router kok kita yg dibebanin sewa. Biar dikata 30rb tapi dikali 12 bulan kan lumayan buat nambah bayar sebulan lagi (otak emak2). Kalo kita pake router sendiri bisa ga mas Chandra?

        Btw, beneran ya kalo ga bayar bukannya diputus tapi dibebankan denda? Berapa dendanya mas?

        1. Chandra Januari 12, 2017

          Ini yang sedang saya konfirmasi mbak. Kan pelanggan baru dapat Modem non-WiFi dan router WiFi merek SAGEM. Lha saya dapatnya dulu ONT WiFi. Jadi dikenakan sewa ini pada modemnya, router atau keduanya. Dan apa bisa beli saja daripada sewa. Kalau ONT memang mahal, tapi router WiFi ini bisa didapatkan 200ribuan lah kalau sendiri. Masih menunggu jawaban. Kalau bisa hemat kenapa tidak kan. 😀

          Diputus dan diberi denda mbak setahu saya. Nah soal dendanya ini saya kurang tahu, belum pernah kena soalnya.

  50. Agri Januari 12, 2017

    hadeeh padahal udah niat masang myrepublic, tp stlh baca dari pengaan agan” jadi mikir” lagi . Makasih ga info infonya, btw ada recomend yg bagus dan mrh slain myrebulic ga gan?

    Balas
    1. Chandra Januari 12, 2017

      Loh – loh. Tidak separah itu juga kok mas. 😀 Ini saya lokasinya Malang, dan dari baca – baca share pelanggan lain tampaknya adem ayem yang di Jakarta.

      Mas butuhnya apa? Kalau bandwidth yang imbang dengan MR ya coba ambil Biznet Home. Mungkin baca – baca pertimbangan disini mas: https://ispnesia.com/index.php?topic=183.0

Tulis komentar...