Review MyRepublic: Internet hebat harga hemat

Sebelum berganti tahun dan memenuhi janji saya sebelumnya saat membahas ISP MyRepublic sekilas untuk membuat reviewnya selama sudah berlangganan kurang lebih 9 bulan. 3 bulan sebagai pelanggan Innovate dan 6 bulan setelahnya berganti nama menjadi MyRepublic. Bisa dikatakan sudah merasakan asam garamnya memakai layanan internetnya. 🙂

Napak tilas MyRepublic Indonesia

Awal tahun 2015 ini saya masih berlangganan Telkom Speedy dan sebenarnya tidak ada niat untuk pindah ISP. Gara – gara tidak tahu juga mau ganti ISP apa, karena di Malang rasanya dimonopoli Telkom. Tapi sekitar bulan Februari ada marketing Innovate ke rumah yang menawarkan paket internet dengan teknologi Fiber Optic. Awalnya sih masih kurang berminat walaupun menggoda, seingat saya 275ribu untuk 10Mbps. Saya malas memutus langganan Speedy soalnya, antri di Plasa Telkom lama sekali.

Tapi akhirnya goyah juga saat dikabari ada yang lebih murah paketnya, FUN kalau tidak salah yang mendapatkan 3 Mbps dan TV Kabel. Tarifnya cuma 170ribu per bulan. Nekat deh saya memutuskan pindah ISP bulan Maret, juga karena jengkel setiap hujan atau mendung internet Speedy mati. Kabelnya terlalu sensitif cuaca. Saya pikir ganti ke Innovate pun separah – parahnya masa kalah dari kondisi saya saat itu. Anda bisa baca di pengalaman menggunakan Innovate Indonesia untuk selengkapnya.

Baru menggunakan sekitar 2 bulan lebih saya ditawari lagi ada paket hanya internet sebesar 6Mbps dengan tarif 180ribu. Berhubung saya tidak menggunakan TV Kabel, juga sampai saat itu tidak pernah dipasangkan STB/Decoder oleh teknisinya ya saya kira lebih baik ganti saja. Dan sampai hari ini saya masih berlangganan paket Starter ini.

Fase – fase rebranding MyRepublic

Nah MyRepublic ini asalnya dari Singapura dan di Indonesia bekerja sama dengan Sinar Mas. Jadi didukung perusahaan besar juga. Sekitar bulan Juni sudah diumumkan akan berganti nama. Disini letak banyak komplainnya. Benar – benar parah waktu itu. 2 minggu sebelum dan 2 minggu setelah ganti nama, resminya tanggal 1 Juli 2015 kalau tidak salah. Ampun – ampun rasanya setiap hari sering packet loss, mati total dan ini tanpa adanya konfirmasi apa masalahnya dan kapan normalnya.

Apalagi tambah frustasi dimana customer servicenya tidak ada yang bisa dihubungi, diangkat pun tidak baik kantor pusat atau cabang Malang. Sangat dikecewakan waktu itu, tapi sudah terlanjur langganan ya bersabar saja. Bisa anda baca selengkapnya dalam pengalaman MyRepublic saya sebelumnya.

Billing yang tidak cocok

Seperti yang saya katakan diawal bahwa telah melakukan ganti paket, istilah disana downgrade karena tanpa TV Kabel. Sewaktu masih bernama Innovate tidaklah ada masalah, akurat jumlah tagihannya. Tapi setelah jadi MyRepublic malah bertambah mahal, agak kaget waktu melihat invoicenya. Ternyata saya ditambahkan biaya sewa STB sebesar 40ribu walau alatnya sudah tidak ada di rumah. 🙁 Hal ini baru beres setelah 3 bulan melaporkannya. Bahkan saya sampai sempat menunggak karena bayarnya pas sesuai tagihan yang sebenarnya. Untung tidak diputus internetnya. Haha. 😀

Ada lagi sebenarnya, selama hampir setengah tahun saya harus melunasi tagihan ke kantornya karena nomor rekening BCA Virtual Account yang diberikan ke saya tidak bisa digunakan. Agak merepotkan jadinya, tapi sekalian saya komplain masalah billing lainnya sih. Rutin setiap bulan dulunya. Untung saat ini sudah bisa ditransfer langsung lewat internet banking BCA.

Bagaimana kecepatan MyRepublic?

Saya langganan yang paling rendah lho dan kalau dilihat sudah tidak ditawarkan lagi, paling kecil sekarang adalah 10 Mbps dengan tarif 200ribu per bulan. Dites bandwidthnya pakai Speedtest ternyata bisa mendapatkan 7.38 Mbps untuk download, lebih besar 1 Mbps sekian dari seharusnya. Tidak nolak lah. 😛 Sedangkan kecepatan uploadnya 2.71 Mbps. Untuk ngegame online nilai pingnya sangat rendah di angka 16 ms. Tetangga saya ada yang langganan yang 150Mbps dan memang mendapatkan kecepatan sebesar itu juga saat dites.

Yang paling bikin jengkel itu kadang down atau tidak stabil parah tapi tidak ada pengumuman sama sekali. Kadang SMS masuk, tapi di tempat saya masih lancar jaya. Jadi bingung apakah ini area tertentu atau sudah tidak akurat lagi. Tapi secara keseluruhan sudah lebih baik dibandingkan awal – awalnya dulu. Oh ya, entah kenapa dulunya di akhir minggu sering mati total beberapa jam. Katanya FO cut tapi selama beberapa minggu alasannya sama sampai saya mengira ini kabel fibernya tidak ditanam tapi dibiarkan di jalan. Haha. 😀

Customer service MyRepublic

Diantara semuanya yang positif cuma layanan pelanggan yang membuat saya kurang puas. Sudah dihubungi kantor cabangnya tidak diangkat – angkat. Eh telepon call centernya diterima robot dan menunggu manusia, dan pulsa saya habis menunggunya. Jadi kapok telepon ke pusat. Pernah email dan dibalas 1 bulan kemudian, saya balas dan 2 minggu kemudian akhirnya ditelepon dari Jakarta. Tapi tetap tidak ada solusi untuk masalah modem FiberHome saya. Untungnya sekarang sudah sangat jarang adanya masalah, jadi tidak perlu interaksi lagi. Katanya sih sekarang sudah lebih baik, tapi saya tidak ingin mengujinya.

Tahu sumber terbaik saya kalau ada masalah di MyRepublic darimana? Saya tanya lewat WhatsApp marketingnya yang dulu menawarkan ke saya dan tanggapannya sangat cepat sekali. Juga difollow up apakah sudah normal kembali atau belum. Aslinya saya sungkan mengganggu karena ini bukan tugasnya. Tapi bagaimana lagi kalau layanan konsumennya sendiri masih kalah dan kurang bagus.

Modem yang terbatas fiturnya

Saya mendapatkan modem WiFi FiberHome AN5506-04 FG dan sebenarnya tidak ada masalah. Cuma setelah 9 orang memakai WiFi bersamaan dan internet di rumah bertekuk lutut akhirnya saya sadar. Ini pengaturan bandwidthnya mana? Untuk membatasi penggunaan bandwidth per perangkat semestinya ada fitur QoS, yang saya cari di internet seharusnya ada tapi kata network engineernya tidak ada. Saya jadi tidak yakin benar tidaknya. 🙁 Satu fitur lagi yang tidak ada adalah blokir akses WiFi, sama juga alasannya. Solusi yang diberikan adalah membeli router WiFi lagi dan dipasangkan di slot LAN 1 pada modemnya.

Masalah port LAN juga tidak bisa digunakan semua oleh komputer, jadi LAN 1 untuk PC/Internet, LAN 2 untuk TV Kabel, LAN 3 dan 4 dimatikan. Suram. 🙁 Tapi ini kabarnya juga standar di ISP lain, di IndiHome juga mirip batasannya.

Kesimpulannya?

Kelebihan MyRepublic adalah di harga yang murah tapi dengan kecepatan tinggi. Oleh teman saya digelari si penghancur harga pasaran. Hahaha. 😀 Bahkan ada marketing First Media yang bilang kalau sementara masih menghindari area yang sudah dijangkau First Media karena calon pelanggan pasti membandingkan tarifnya. Masuk akal sih. Tapi karena jauh lebih luas jangkauan First Media yang bekerja sama dengan PLN akhirnya teman saya berlangganan ini, MyRepublic belum masuk.

Kekurangannya terus terang di area customer service, semoga bisa ditingkatkan lebih baik lagi kedepannya. Berharap juga modem – modem barunya tidak ada batasan seperti yang saya gunakan saat ini. Ada niat menukarnya tapi kabarnya semua pakai FiberHome yang tipenya sama persis. 🙁

Ya… beginilah plus minus saya selama menggunakan MyRepublic. Saya masih merekomendasikannya. Semoga bisa menjadi referensi kalau penasaran bagaimana rasanya. 😀

77 pemikiran pada “Review MyRepublic: Internet hebat harga hemat”

  1. Halo mas, mau nanya gimana mematikan fitu wifi bawaan dan menggunakan router tambahan agar bisa mendapat kecepatan maksimal ya?
    Saya modemnya dikasih yang fiberhomw
    Trus beli lagi high power router tp link 300 mbps
    tpi klo di speedtest dpetnya cma 30mbps emg, klo pake kabel lan bru dpet 100mbps

    Mohon pencerahannya terimakasih

    Balas
    • Halo Hasan, ini mas pakai WiFi FiberHome yang 30 Mbps maxnya? Memang laporan para pengguna seperti itu mas, dan ngakalinnya ya pakai router tambahan supaya bisa maksimal sesuai paket.

      Kalau matikan WiFi bawaan tinggal tekan tombolnya saja mas, atau disable saja SSIDnya. Atau mas tanya hal lain ini?

  2. mau tanya mas, setiap mau main MOBA, sering disconect atau ping nya lelet.
    solusinya apa ya kira2… padahal main seperti vain glory itu kan game biasa.
    terima kasih bantuan penjelasannya.

    Balas
    • Halo Achwan, mas di wilayah mana? Dan ini pada jam berapa terjadinya? Soalnya sudah ada beberapa orang yang laporannya sama tapi rata – rata di Malang.

  3. saya tinggal di daerah batu dekat BNS. apa my republic sudah menjangkau daerah sini ya ?? utk soal kecepatan semoga benar adanya. kalo benar ya menurut saya dgn tarif yg murah dgn kecepatan segitu ya sudah bagus sekali

    Balas
  4. Numpang tanya apakah agan tau my rep sedang ada masalah atau tidak di tahun 2017 ini? saya daftar permohonan di 1 februari 2017, belum di pasang2 hingga maret ini.
    Akhir desember tahun lalu teman saya pasang cuma butuh 2 minggu.
    Mohon pencerahan gan sedih nih nunggu hal yg gak pasti 🙁

    Balas
    • Wilayah mana mas? Pasang lewat sales atau website atau kantor?

      Saya pasang malah cuma butuh 2 hari.

      Minta followupnya lewat livechat di situsnya saja.

  5. Halo gan..
    Saya dari wilayah Surabaya..
    Ada kontak marketing untuk Surabaya gak gan ?? Saya tergiur nih..

    Sama masalah stabil gan, di surabaya kira” stabil atau sering disconnect ??

    Balas
  6. Mas numpang tanya, di tempat saya baru tercover isp ini, dan marketing nya tiap hari datang dengan prang yang berbeda” ada 4 malah. Saya penggila game online. Apakah cocok pasang isp my rep? Apakah kualitas nya sudah mantap tahun 2017? Thanks mas

    Balas
  7. Mas minta no wa marketingnya myrep yg bs diandalkan kl lg ada masalah donk.. Minat pasang cm serem dgr cerita2 bad after servicenya..trus kl di lokasi rumah byk tiang myrep cm kynya ga ada yg pasang apa artinya keuntungan buat saya kl pasang , jd lbh stabil gt internetnya? Lokasi di simpang borobudur utara

    Balas
    • Cocok – cocokan mas kalau kualitas marketingnya. Teman saya juga kurang hoki dengan sales MNC.

      Keunggulannya ya cuma pasti tercover mas, kualitas fiber itu unggulnya di kestabilan, walaupun bisa konstan ga stabil juga kalau masalahnya dari pusat.

  8. Mas candra, yg paling murah untuk paket myrepublic sekarang apa?. dan masih suka trobel kah jaringannya?. Saya di sawojajar. Masih penasaran mau masang tanya2 dulu hehe

    Balas
  9. Mas.. Mo nanya nih ini kan pas order tu kan d perumahannya ada tp pas blok rumah saya tu ga da gtu lo.. Gmana ya? Apa berarti belum kejangkau ya? Misalkan nih.. Blok yg saya t4in kan di blok E4 di perumahan tadi yg udah kedaftar, tapi setelah cari alamat ga ada blok E4 nya.. Dr A4 sampe N4 tu ga ada.. Berarti belum kejangkau ya mas?

    Balas
    • Secara teori iya mas.

      Tapi kalau kasus seperti masnya lebih baik kontak sales biar disurvey manual lokasinya, kadang bisa ditarik kabelnya asalkan ga terlalu jauh dari tiangnya.

Tulis komentar...