Pengalaman cicilan kartu kredit di Blibli

Last Updated on Maret 25, 2021

Pakai cicilan kartu kredit dengan bunga 0% itu bisa dipertimbangkan apabila ini barangnya tergolong penting, jadi bukan barang tersier yang bisa ditunda. Karena saya punyanya kartu kredit BCA dan rata-rata marketplace online seperti Shopee dan Tokopedia sudah mengenakan fee untuk setiap transaksinya. Akhirnya saya beralih ke Blibli karena masih bisa gratis.

Soal bagaimana cara belanjanya dan checkout pasti sudah paham betul. Disini saya fokus ke bagaimana metode pembayarannya. Kebetulan bulan kemarin saya beli Sofabed INTHEBOX dapat free kasur lipat senilai Rp 1.221.000. Gratis ongkir juga.

Setelah anda memasukkan barang ke dalam keranjang belanja akan ada opsi menggunakan kode kupon/voucher dan di akhir akan bisa memilih mau bayar pakai apa. Silahkan pilih dulu Kartu Kredit sebagai metodenya.

Lanjutkan dan baru ada pilihan mau cicilan berapa lama. Saya pilih 3 bulan karena ini tidak dikenakan biaya transaksi untuk cicilan. Sedangkan opsi 6, 9 dan 12 bulan ada feenya. Murah sih, tapi kalau bayar tiga kali tidak memberatkan mending hemat sedikit dan tidak bikin lama utangnya.

Setelah transaksi sukses, maka pada kartu kredit anda akan ditagihkan secara penuh harganya. Misal Rp. 1.221.000. Tapi sesaat kemudian akan dikonversi ke cicilan (istilahnya REVERSAL), dan ada tagihan baru sesuai nominal cicilannya.

Proses reversal ini walau katanya dalam 7 hari, tapi dari pengalaman saya dalam 1-3 hari saja sudah tercatat di estatement kartu kredit.

Tambahan lagi, ini tidak ada hubungannya dengan tabungan berapapun saldonya. Kartu kredit itu beda sistem dan perlu mengajukan sendiri, tidak bisa pakai Jenius juga.

Kalau ingin mencicil barang di Blibli tapi tidak punya kartu kredit maka solusinya cuma aplikasi finansial seperti Kredivo atau AkuLaku.

Tinggalkan komentar