Pertolongan pertama pada tampilan website yang rusak

Walau sangat jarang terjadi tapi kadang terjadi masalah dalam tampilan website yang dibuka menggunakan browser favorit anda. Ciri – cirinya bisa saja tidak muncul gambar, beberapa fungsi situs rusak, hanya muncul teks saja, warnanya hilang atau menjadi putih dan masih banyak lagi.

Penyebabnya bisa bermacam – macam, mulai dari cache pada browser yang bermasalah, kesalahan SSL, konfigurasi browser yang tidak benar, dan terakhir memang dari websitenya yang menjadi pelakunya. Apapun masalah yang anda alami pada tampilan situs ada beberapa hal yang bisa dilakukan terlebih dahulu sebelum pasrah, berikut adalah beberapa cara dalam pertolongan pertama memperbaiki tampilan website yang amburadul.
deviantart-images-disabled

Memaksa browser memuat website tanpa cache

Kalau anda pernah membuka suatu situs maka browser anda akan menyimpan seluruh elemen yang tidak berubah dalam cachenya, ini bisa menyebabkan konflik apabila ada perubahan yang terjadi. Nah… karena alasan performa, meningkatkan kecepatan akses dan menghemat bandwidth maka browser modern akan memanfaatkan cache setiap kali anda membuka situs yang sama, anda bisa mematikannya sebenarnya tapi ini tidak perlu. Anda cukup menekan tombol CTRL+F5 untuk force reload (memaksa memuat) halaman tersebut dari awal tanpa cache.

Cara ini adalah yang paling sering saya lakukan dan tingkat keberhasilannya tinggi.

Gunakan browser alternatif

Lebih jarang lagi ada website yang optimal untuk browser tertentu, tapi memang ada. Sebelum anda pusing memikirkan apa yang salah coba gunakan browser alternatif seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari atau Internet Explorer. Siapa tahu dengan mesin yang berbeda maka tampilannya akan benar.

Matikan blokir gambar atau JavaScript di browser

Konfigurasi tingkat lanjut pada browser bagai pedang bermata dua, anda bisa mengatur sesuai keinginan anda tapi sebaliknya juga kalau ada yang salah bisa menghalangi kenyamanan anda. Siapa tahu anda tidak sengaja mengubah setting dalam menampilkan gambar atau javascript menjadi nonaktif. Jadi solusinya anda perlu menghidupkannya kembali pada browser yang anda gunakan:

Nonaktifkan addon atau plugin browser

Ini juga bisa menjadi faktor yang terlupakan, apalagi dengan addon seperti AdBlock Plus yang fungsinya adalah memblokir tampilan iklan. Bisa jadi dengan addon atau plugin sejenis ada beberapa elemen pada tampilan website yang terkena blokir sehingga tidak bisa ditampilkan secara sempurna. Saran saya matikan semua addon atau plugin yang aktif untuk memastikan apa penyebabnya.

Mengatasi SSL error

Kalau kesalahan pada SSL di browser ini yang paling repot kalau cara pertama gagal, yaitu membetulkan jam di komputer supaya sesuai dengan sekarang. Jika ini bukan penyebabnya maka sangat besar kemungkinan ada pada server dari website tersebut dan tidak banyak yang bisa anda lakukan kecuali menunggu pemiliknya membetulkan settingnya.

3 pemikiran pada “Pertolongan pertama pada tampilan website yang rusak”

Tulis komentar...