Cara membatasi jumlah pengguna hotspot di modem Huawei

Untuk memberikan akses internet satu rumah atau kantor malah cukup dengan membeli modem WiFi dan paket internet Telkom Speedy, malah modemnya bisa didapatkan gratis dengan bundling tertentu. Tapi yang namanya koneksi internet pasti memiliki batasan maksimal bandwidth yang bisa digunakan tergantung tingkat layanan yang anda beli.

Karena itu sebaiknya dibatasi berapa komputer atau perangkat yang bisa terhubung ke modem melalui akses WiFi untuk memastikan kualitas dan kecepatan akses internet anda. Kalau anda memiliki modem Huawei maka anda bisa segera mengikuti instruksi berikut, sedang modem TP-LINK bisa mengikuti panduan saya sebelumnya.

Disini saya menggunakan Huawei HG532e, langsung saja akses halaman admin dari modem dengan mengetikkan alamat IP 192.168.1.254. Kemudian masukkan username dan password administrator (bisa coba admin dan admin kalau lupa). Jika gagal anda bisa mencoba username dan password default dari modem asli Telkom Speedy.
huawei-hg532e-login

Setelah itu akses halaman Basic, kemudian WLAN. Semestinya akan terbuka Wireless Settings, perhatikan konfigurasi untuk “Maximum number of accessing devices:” dan isikan angka untuk berapa jumlah perangkat maksimal yang bisa terhubung. Minimalnya adalah 1 dan maksimal adalah 32.
huawei-hg532e-basic-wlan

Tentu saja kalau anda membutuhkan semua perangkat tersebut memiliki akses internet lewat hotspot dan ternyata dirasa lambat maka ini pertanda anda perlu mengupgrade bandwidthnya atau anda bisa memblokir website yang memberi efek negatif terhadap penggunaan dan kecepatan internet.

Tulis komentar...