Cara menutup rekening neobank

Advertisements

Jadi saya agak kelimpungan membantu tetangga saya yang mengalami sedikit kendala soal rekening tabungan di Bank Neo Commerce, atau aplikasinya neobank/neo+. Yang jadi masalah itu beliau niatnya membantu teman dengan meminjamkan identitas untuk buka akun baru di neobank dengan kode referral, tapi baru – baru ini agak khawatir nasib datanya karena semua didaftarkan temannya.

Kalau cuma bank digital biasa mungkin masih agak aman, tapi karena BNC ini masih berhubungan dengan aplikasi pinjaman online Akulaku jelas takut kalau mendadak punya utang atau ada tagihan paylater. Walaupun aplikasinya saat ini tampaknya normal tidak ada transaksi mencurigakan.

neobank splash

Solusinya yang terpikirkan ya cuma satu: Segera tutup rekening Bank Neo Commerce dan sekalian kalau bisa hapus akun di neobank juga. Toh tidak terpakai juga.

Advertisements

Cara menutup rekening neobank

    1. Langsung saja kunjungi cabang Bank Neo Commerce terdekat. Untuk alamat di kota anda ada di situs webnya atau lewat search Google.
    2. Ambil nomor antrian ke customer care. Ini bisa lama atau cepat tergantung jumlahnya, sebaiknya datang pagi sekitar jam 9an.
    3. Saat kita di meja cs langsung saja bicarakan ingin membatalkan rekening Bank Neo Commerce/neobank.
    4. Saya yakin anda juga akan ditahan-tahan agar berubah pikiran seperti yang dialami tetangga saya. Tinggal jelaskan saja dan alasannya kenapa.
    5. Nanti isi formulir penutupan rekening tabungan.
    6. Ada diminta fotocopy KTP, tapi disana ada scan printernya jadi cukup bawa KTP asli saja bisa. Sedangkan kartu ATM tidak wajib dikembalikan.
    7. Ada materai Rp. 10.000 dan tanda tangan diatasnya.
    8. Selesai.

Secara keseluruhan proses ini membutuhkan waktu 30 menitan, yang lama isi formulirnya dan proses acc dari atasan si customer service.

Sebaiknya sebelum mengajukan penutupan akun anda menarik seluruh saldo yang ada, kalau sudah kosong ya langsung proses saja. Tapi kalau ada isinya maka bisa sekalian dicairkan, nanti nasabah akan diminta mengisi slip penarikan dana juga.

Untuk prosesnya sudah selesai sampai disini, anda bisa coba login lagi ke aplikasinya maka akan terjadi error.

Advertisements

Ini tambahan cerita saja, sebelumnya saya asumsikan bahwa bank digital itu bisa proses penghapusan akun lewat telepon seperti Jenius.

Ternyata di BNC tidak bisa setelah ngobrol sama csnya lewat telepon, harus datang sendiri ke kantornya. Persis sama dengan TMRW. Untung ada cabangnya di kota saya, bayangkan kalau di kota sebelah. Ini jelas merepotkan, buka rekeningnya bisa online kok nutupnya lebih sulit.

Di internet banyak sumber menuliskan soal rekening dorman, ini bukan menutup rekening tabungan otomatis setelah 3 bulan cuma statusnya jadi nonaktif saja. Jelas rekening nasabah tetap ada dan tinggal aktifkan ulang saja kalau perlu.

Sekian dan semoga membantu. 🙂

Advertisements

Tinggalkan komentar