Kelebihan dan kekurangan Telkom Speedy

Setelah menggunakan Telkom Speedy (sekarang IndiHome) selama kurang lebih 3 tahun tentu sudah merasakan manis pahitnya kualitasnya, baik secara kecepatan koneksi internetnya dan pelayanan dari customer service juga teknisinya. Karena itu saya ingin membahas apa saja keunggulan dan kelemahannya selama ini.

Sedikit disclaimer, semua ini saya kumpulkan dari pengalaman pribadi dan saat membantu teman memperbaiki koneksi internetnya yang bermasalah.

telkom-speedy

Kelebihan Telkom Speedy

  • Layanan customer care Telkom Speedy sangatlah bagus, tinggal telepon nomor 147 dan akan dipandu tahap demi tahap mengatasi masalah anda. Jika sudah tidak bisa baru mereka menyarankan teknisi untuk datang langsung melakukan troubleshooting.
  • Kecepatan atau besar bandwidth yang diberikan bisa semaksimal paket berlangganan anda.
  • Kalau ada kerusakan pada modem akan digantikan dengan yang baru secara gratis. Ini saya alami saat modem TP-LINK lama saya yang berukuran kotak hitam kecil (lupa modelnya) diupgrade menjadi modem TP-LINK TD-W8151N dengan WiFi.
  • Dari pengalaman teknisi Speedy akan datang dalam 2×24 jam sejak kita melaporkan adanya kerusakan atau masalah. Jadi bisa dibilang cukup cepat, bahkan pernah datang hari itu juga di malam hari.
  • Internet Positif, untuk menjaga anak anda dari situs – situs dewasa dan beresiko.

Kekurangan Telkom Speedy

  • Harganya termasuk mahal sekarang karena sudah ada beberapa saingan yang mampu menawarkan bandwidth lebih besar dengan harga lebih murah. Silahkan cek First Media, Innovate Indonesia, atau MNC Play.
  • Internet Positif, dimana disaat kita melakukan riset atau studi mengenai topik tertentu saat kuliah ternyata diblokir. 🙁 Memang pedang bermata dua.
  • Perhatikan harganya saat anda membeli paket layanan baru atau akan upgrade. Tanyakan apakah ini harga promo dan berapa lama. Teman saya terkena “jebakan” marketing dimana IndiHome 1MB awalnya 275 ribu setelah 9 bulan menjadi 425 ribu kalau tidak salah. Sakit di dompet.
  • Teknisi tampaknya enggan mengganti kabel telepon kalau ini merupakan penyebab masalahnya. Ini saya alami saat koneksi ADSL dari modem saya selalu mati disaat hujan. Mungkin karena sangat repot sekali prosesnya.
  • Masih berhubungan dengan teknisi Telkom, mungkin karena hampir seluruh personel yang sempat saya temui dan ajak ngobrol ternyata adalah pihak outsourcing maka kualitasnya benar – benar bermacam – macam. Jadi kalau dalam sekali pertemuan tidak selesai juga masalahnya anda sebaiknya minta orang lain yang datang.

Ini sekilas suka duka saya dalam menggunakan Telkom Speedy, sayangnya belum sempat mencicipi IndiHome yang sudah memakai Fiber Optic karena sudah memutus langganannya dan terlanjur berpindah kelain hati. 🙂

Bagaimana dengan pengalaman anda? Silahkan ditambahkan supaya kita semua tahu ceritanya. 😉

22 pemikiran pada “Kelebihan dan kekurangan Telkom Speedy”

    • Halo Toyo, berarti belum ada akses jaringan FO (Fiber Optic) di wilayah anda mas. Jadi diikutkan kabel tembaga (ADSL) dan ini memang memakai jaringan telepon untuk aksesnya.

    • Selamat pagi Seruan, ini kalau tidak lihat sendiri repot sih mas. Bisa beberapa faktor soalnya. Kalau hasil tracert ke google.com dan 8.8.8.8 gimana mas? Ini bisa disebabkan DNS server Telkom yang bermasalah soalnya atau routing internetnya.

      Coba mas pantau dengan PingPlotter jadi terlihat letak masalahnya dimana, tinggal perhatikan yang warna merah dalam grafisnya.

      Oh ya, coba install versi trial cFosSpeed mas, ini program untuk mengatur trafik internet jadi dioptimalkan nanti tergantung prioritasnya apa.

    • ini masalah sepertinya karena wifi mas , setiap ada orang yg make wifi pasti bandwith nya langsung kesedot ke wifi semua , apakah ada cara untuk membagi koneksi antara wifi dan modem misal 3mb dibagi 1,5mb untuk wifi dan 1,5 untuk pc apakah bisa y mas ?

    • Tergantung modem/routernya mas. Ada setting untuk QoS tidak? Coba merek modem dan tipenya mas, biar saya cek di manualnya.

    • proses pemasangan kok lama sih mas.. ?? Udah 3hari blm juga di pasang2.. tolong dong mas info bagian teknisi nya untuk daerah cikarang

    • Halo Laras, wah… kurang tahu mbak kalau sudah beda regional. Yang pasti kalau dalam 1-2 hari belum ada kabarnya memang harus ditanyakan lagi ke Telkom setempat.

    • Halo Achmad, tarifnya flat kok mas. Tidak berbah – ubah setiap bulan, kecuali sekarang IndiHome menerapkan FUP. Pengaruhnya cuma terhadap kecepatan internet yang dibatasi.

  1. saya ingin pasang indihome cuma,masih belum bisa mas
    saya tanya telkom karena area belum terjangkau mungkin tetangga belum pada pake indihome mungkin jadi belum bisa.

    • Kalau masuk gang/kampung memang sulit mas. Tapi kalau ini perumahan/jalan raya tinggal kumpulkan saja berapa orang yang mau, kalau cukup banyak biasanya akan dibantu penambahan jangkauannya. Tidak ada ISP lain disana mas? First Media, MNC Play dan MyRepublic misalnya?

  2. Parah bgt pakai Indihome ..
    Selalu ada putus setiap hari minimal 5kali putus.
    Sudah sering laporan ke 147, aplikasi my indihome, dan plaza telkom,
    Petugas indihome juga silih berganti datang ke rumah, tapi ga ada yang bisa benerin.
    1 kata untuk Telkom PARAAAAAHHHH

    • Pindah ke ISP fiber lainnya mas. 😀 Kalau ga perlu telepon rumahnya bisa jadi pilihan yang lebih baik.

Tulis komentar...